Mengenal Lebih Dekat Bandara Soekarno Hatta, Bandara Termegah yang Bakal Kalahkan Changi Singapura!!

Penulis: Isran Bastian

Jakarta, Padangkita.com – Jika kamu senang travelling dengan pesawat, mungkin kamu salah satu orang yang sering traveling menggunakan transportasi udara yang satu ini. Jika iya, mungkin kamu terbiasa dengan beberapa nama bandara yang ada di Indonesia, salah satunya bandara yang jadi kebanggaan ini.

Adalah Bandara Soekarno Hatta, termasuk bandara termegah di Indonesia, yang digadang-gadang bakal mengalahkan Bandara Changi milik negara Singapura.

Penampakan pesawat saat take off di di Bandara Soekarno Hatta. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Kamar Travel]
Banyak yang mengira kalau bandara Soekarno Hatta itu ada di Jakarta, padahal bukan lo. Meskipun letaknya berada di sisi barat DKI Jakarta, namun bandara ini tepatnya berada di Kota Tangerang.

Menurut sejarahnya, bandara ini didirikan pada tahun 1985, untuk menjadi pengganti bandara Kemayoran Jakarta yang sudah tutup, dan bandara Halim Perdana Kusuma yang saat ini dijadikan bandara untuk TNI AU dan beberapa maskapai lokal.

Soal spesifikasi, dengan total luas lahan mencapai 2.555 hektare, bandara ini dapat menampung hingga 43 juta penumpang setiap tahunnya. Dengan luas yang luar biasa itu, Bandara Soekarno Hatta secara resmi menjadi bandara paling terbesar se-indonesia.

Bandara Soekarno Hatta terletak di Tangerang, Provinsi Banten ini memiliki 3 terminal untuk melayani penerbangan, baik domestik maupun internasional.

Bandara Soekarno Hatta. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Kamar Travel]
Dan sejak tahun 2020 Bandara Soekarno Hatta telah memulai untuk membangun terminal keempatnya. Rencananya akan rampung pada tahun 2023. Jika terminal 4 sudah diresmikan, maka Bandara Soekarno Hatta akan menjadi bandara terbesar se-Asia Tenggara, mengalahkan bandara Changi di Singapura.

Baca Juga: Inilah 10 Kota Paling Aman di Indonesia, Termasuk Kota di Sumatra yang Berusia Lebih 1.000 Tahun

Ingat ya guys bandara terbesar bukan terbaik, karena peringkat bandara berdasarkan data skytrax. Saat ini skor atau penilaian untuk Bandara Soekarno Hatta dibanding Changi menang lumayan terpaut jauh. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

Add New Playlist