Masjid Raya Sumbar Gelar Salat Gerhana Malam Ini setelah Magrib

|
Editor: Redaksi

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: salat gerhana bakal digelar selesai salat Magrib hingga menjelang Isya

Padang, Padangkita.com– Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar) di Kota Padang, bakal menggelar salat gerhana pada Rabu (26/5/2021) malam ini. Salat berjemaah dilaksanakan bersamaan dengan fenomena Gerhana Bulan Total (GBT) yang terjadi nanti malam.

Kepala Biro Bina Mental dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Sumbar, Syaifullah mengatakan salat gerhana bakal digelar selesai salat Magrib hingga menjelang Isya.

Meski demikian, dia tidak meminta pengurus masjid untuk mengumumkan kepada masyarakat. Hal tersebut untuk mengantisipasi masyarakat berbondong-bondong datang ke masjid. Sebab, saat ini, masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Ya, nanti malam, kita akan menggelar salat gerhana. Tapi saya telah memerintahkan pengurus untuk tidak mengumumkan. Takutnya nanti masyarakat datang ramai-ramai,” ujarnya saat dihubungi Padangkita.com via telepon.

Selain itu, salat gerhana bakal digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Setiap jemaah harus menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk masjid, dan menjaga jarak.

Jemaah yang telah melaksanakan salat Magrib di Masjid Raya bisa mengikuti salat gerhana. Bagi masyarakat yang tahu dan ingin ikut salat gerhana di Masjid Raya, pihaknya juga tidak melarang, namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Gerhana Bulan Total Picu Bencana? Ini Penjelasan BMKG

“Ini inisiatif dari pengurus harian masjid untuk melaksanakan salat gerhana, tetapi tidak kita umumkan. Jemaah yang ada di situ bisa ikut. Karena kita menjaga protokol kesehatan. Bagi yang sudah tahu dan berencana datang, tidak kami larang, tapi tetap jaga protokol kesehatan,” sampai Syaifullah. [pkt]

Baca berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler