Mahasiswa Tanah Datar Juga Gelar Demo 11 April di Gedung DPRD 

Penulis: Isran Bastian

Batusangkar, Padangkita.com – Ratusan mahasiswa di Kabupaten Tanah Datar juga melakukan demo di halaman kantor DPRD Tanah Datar di Pagaruyung, Senin (11/4/2022). Ini sebagai bentuk dukungan aksi serentak demo mahasiswa secara besar-besaran berbagai kota Besar di Indonesia yang menolak penundaan pemilu 2024.

Aksi dan orasi mahasiswa yang menyuarakan isu nasional, seperti menentang Presiden tiga periode, kelangkaan minyak goreng dan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan menolak penambahan pajak berjalan cukup aman dan tertib.

Dalam aksi itu turut diamankan dan dijaga ketat aparat TNI dan Kepolisian agar para mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Tanah Datar tidak merangsek masuk ke dalam gedung DPRD ataupun mencegah kemungkinan terjadi tindakan anarkis.
Namun, pendemo berhasil menghadirkan empat anggota DPRD Tanah Datar yakni Arianto Chaniago dari Fraksi PPP, Istiqlal dari Fraksi PKS, Afrizal Dt. Rajo Lenggang dari Fraksi Gerindra dan Adrijinil Simabura dari Fraksi Nasdem.

Ke empat anggota DPRD  bersama Kapolres Tanah Datar AKBP. Rully Indra Wijayanto beserta Sekretaris Dewan (Sekwan) Yuhardi diajak berjemur dan duduk di hadapan ratusan pendemo di bawah terik matahari.

Dalam orasi yang disampaikan para Orator dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar juga menyinggung terhadap berbagai persoalan pembangunan di Tanah Datar, salah satunya rehab Lapangan Cindua Mato Batusangkar, agar pihak legislatif menindaklanjuti terkait penyampaian itu.

Baca Juga: Demo Mahasiswa di DPRD Sumbar Ricuh: Massa Lemparkan Batu, Polisi Balas dengan Tembakan Gas Air Mata

Aksi 11 April 2022 yang diikuti seluruh elemen mahasiswa di Tanah Datar, dilaksanakan dari pagi sampai sore hari. [djp/isr]

Terpopuler

Add New Playlist