Kunjungan Keluarga Belum Diizinkan, Rutan Anak Air Padang Sediakan “Video Call” Gratis Buat Warga Binaan

Penulis: MF Zikri

Berita Kota Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru: Mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, Rutan Kelas II B Anak Air Padang masih menutup atau belum mengijinkan kunjungan keluarga tahanan atau napi

Padang, Padangkita.com – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Anak Air Padang masih menutup atau belum mengijinkan kunjungan keluarga tahanan atau napi untuk mencegah penularan Covid-19. Penutupan kunjungan ini telah dimulai sejak pertengahan Maret 2020 lalu.

Kepala Rutan Anak Air, Eri Irawan menyatakan, hingga saat ini belum keluar keputusan resmi dari pemerintah untuk membuka kembali layanan kunjungan.

“Setiap saya sharing dengan warga binaan, mereka selalu mengeluh tidak bisa ketemu dengan keluarganya. Namun mau bagaimana lagi, kita harus ikut pemerintah, atasan kita,” kata Eri di Rutan Anak Air Padang, Kamis (3/8/2020).

Meskipun begitu, untuk mengobati kerinduan para warga binaan, pihaknya telah menyediakan layanan “video call” melalui WhatsApp agar warga binaan dapat bertemu dengan keluarganya secara daring (dalam jaringan).

Layanan itu, kata dia, telah tersedia sejak layanan kunjungan keluarga warga binaan ditutup. Layanan video call itu pun diberikan secara gratis.

Baca Juga: Dugaan Penganiayaan Tahanan di Rutan Anak Air, Ini Penjelasan Kepala Rutan

“Meski kunjungan tutup, kita punya beberapa layanan untuk pengunjung warga binaan, seperti video call dan posko untuk penerimaan paket dari keluarga warga binaan,” katanya.

Terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan Rutan, kata Eri, pihaknya selalu rutin melakukan penyemprotan di lingkungan Rutan, termasuk kamar-kamar tahanan.

Baca Juga: Seorang Napi di Rutan Anak Air Padang Diduga Dianiaya, Sempat Muntah Darah dan Tengkorak Belakang Retak

Selain itu, pihaknya juga menyediakan satu ruangan khusus untuk isolasi jika terdapat salah seorang warga binaan ataupun pegawai dan petugas yang memiliki gejala Covid-19.

“Bahkan kita semua (pegawai dan petugas) juga melakukan swab. Ini tujuannya untuk menjamin rasa aman dan nyaman bagi warga binaan.” [mfz/pkt]


Baca berita Kota Padang terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.