Kisah Anak Padang Tinggalkan Karir di Jepang Demi Bangun Mobil Listrik di Indonesia

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita.com – Belum lama ini Presiden Jokowi menyatakan sangat menginginkan Ainun Najib—praktisi teknologi informasi yang berkerja di Singapura—agar kembali ke Indonesia dan bekerja untuk Indonesia.

Ini bukan pertama kali pemerintah Indonesia melakukan hal demikian: mengundang anak bangsa yang hebat di luar negeri, pulang dan mengabdi untuk negara.

Sekitar 10 tahun lalu atau persisnya tahun 2012, ada anak bangsa yang berasal dari Padang, Sumatra Barat (Sumbar) memilih pulang ke Indonesia setelah diundang pemerintah untuk membangun mobil listrik.

Namanya Ricky Elson, yang merupakan ahli mesin kendaraan listrik di Jepang.

Kisahnya memutuskan untuk pulang ke Indonesia dan meninggalkan karir 13 tahun yang dibangun di perusahaan besar di Jepang, diceritakan dalam podcast Dahlan Iskan.

“Saya kembali ke Indonesia tahun 2012. (Bermula) 11 Maret, minggu ke-17 Pak Dahlan jadi Menteri (ketika itu Dahlan baru jadi Menteri BUMN), mengeluarkan tulisan berjudul ‘Saatnya Putra Petir Harus Melawan’,” kata Ricky Elson mengenang.

“Itu adalah surat panggilan, undangan dan tantangan bagi anak-anak Indonesia. Secara terbuka, ayo gabung, BUMN siap mendukung nih. Seribu anak Indonesia, berapapun silakan datang, ayo,” ulas Ricky.

Diketahui, saat menjadi Menteri BUMN, Dahlan Iskan yang memang wartawan senior masih menjadi pemilik jaringan media Jawa Pos Group. Dahlan rutin menulis tiap pekan di rubrik ‘Manufacturing Hope’ yang dimuat di semua koran milik Jawa Pos Group.

“Yang mau ngembangin motor listrik, yang mau ngembangin mobil listrik. Pokoknya kendaraan listrik lah waktu itu (diundang pulang),” kata Ricky lagi.

Terpopuler

Add New Playlist