Kejutan Akhir Tahun dari Pegadaian, Ada Pinjaman Tanpa Bunga untuk UMKM

Penulis: Isran Bastian

Padang, Padangkita.com – PT. Pegadaian tengah menggencarkan program Kredit Usaha Mikro (KUR), khususnya untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pimpinan Wilayah PT Pegadaian Kanwil II Pekanbaru, Maryono mengatakan, Pegadaian yang berada di bawah payung Kementerian BUMN memiliki misi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sekaligus menjadi agen institusi keuangan.

“Program pemberdayaan ekonomi memang menjadi salah satu fokus kita, terutama untuk para pelaku UMKM,” terang Maryono kepada awak media di Kota Padang, Senin (28/11/2022).

Nah, khusus pada akhir tahun ini ada kejutan dari Pegadaian. Deputi Bisnis PT. Pegadaian Area Padang, Januardi menginfokan jika saat ini tengah berlangsung kejutan akhir tahun dari Pegadaian untuk program Supermi alias super mikro.

Jadi bagi masyarakat pelaku UMKM yang tengah menjalankan usaha kecil-kecilan, bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp2,5 juta selama 2 bulan dan tidak dikenakan bunga.

“Program kejutan akhir tahun ini akan berlangsung hingga akhir Desember tahun ini,” beber Januardi pada kesempatan sama.

Dia menjelaskan, selama ini memang program pemberian kredit untuk UMKM menjadi salah satu fokus dari PT. Pegadaian Area Padang sebagai upaya mendukung percepatan pertumbuhan perekonomian di Sumatra Barat (Barat).

Yang sudah lama berjalan yakni pemberian kredit kepada UMKM dengan batas minimal Rp10 juta dengan syarat yang mudah dan bahkan kredit ini bisa didapatkan tanpa adanya jaminan.

“KUR Pegadaian itu betul-betul Supermi. Pinjamannya Rp10 juta aja bunganya hanya 0,28 persen 1 per bulan dan tanpa barang jaminan,” ujarnya.

Januardi juga menerangkan, untuk area Padang ada banyak program yang telah dijalankan, terutama program peningkatan UMKM sebagai upaya peningkatan perekonomian. Dalam waktu dekat, Pegadaian bakal menggelar bazar pada awal bulan Desember 2022 mendatang. Event kali ini melibatkan banyak pelaku UMKM di Kota Padang.

Selama ini, sejumlah kerjasama telah dijalin dengan berbagai instansi terkait, mulai dari OPD pemerintahan, perguruan tinggi, termasuk juga Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa terutama dalam rangka meningkatkan peranan Badan Usaha Milik Desa/Nagari (Bumnag).

Baca Juga: Soal Resesi dan Potensi Ekonomi 2023 Sumbar, Ini Kata Pakar

Khusus untuk bidang pendidikan, saat ini Pegadaian turut mendukung program Merdeka Belajar, berupa peningkatan softskill mahasiswa dalam bentuk program magang di Pegadaian. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist