Kebakaran PLTU Ombilin, Polisi: Yang Terbakar Pipa Karet Hitam Perbaikan Saluran Air

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Sawahlunto hari ini dan berita Sumbar hari ini: Polres Sawahlunto angkat bicara soal penyebab Gudang PLTU terbakar.

Sawahlunto, Padangkita.com – Kepolisian Resor (Polres) Sawahlunto angkat bicara mengenai penyebab kebakaran yang terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ombilin di Desa Sijantang Koto, Kecamatan Talawi pada Rabu (17/2/2021) siang.

Dalam keterangan tertulisnya kepada Padangkita.com, Kapolres Sawahlunto, AKBP Junaidi Nur mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di PLTU Ombilin terjadi di samping Gardu Induk (GI).

“Yang terbakar adalah pipa karet hitam untuk perbaikan saluran air (PLTU) Sijantang,” kata Junaidi.

Dia menjelaskan, peristiwa kebakaran terjadi pada pukul 11.15 WIB. Kejadian diketahui pertama kali oleh seorang saksi yang berada di jembatan timbang tak jauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) ketika hendak pulang untuk istirahat makan siang.

Saksi itu, kata Junaidi, melihat api di tempat pembuangan sampah telah membesar yang menjalar ke tempat penyimpanan pipa sementara.

“Dia kemudian mencoba menyiram dengan air yang ada dan sempat melihat ada ledakan kecil di bagian pipa yang terbakar, melihat kejadian tersebut dia menghubungi bagian layanan kebersihan dan satu unit mobil pemadam milik PLTU dikerahkan,” ujarnya.

Akibat dari kejadian tersebut, sambung Junaidi, beberapa unit pipa saluran pendingin yang terbuat dari bahan karet terbakar sehingga menimbulkan api yang cukup besar.

“Dugaan sementara api berasal dari tempat pembuangan sampah yang dekat dengan tempat penyimpanan pipa sementara kemudian menjalar ke pipa pendingin tersebut,” ujarnya.

Agar api cepat padam, sebanyak dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) Kota Sawahlunto ikut diterjunkan ke lokasi kejadian. Api baru dapat dipadamkan pukul 13.45 WIB.

Baca juga: Penjelasan PLN Soal Penyebab Gudang PLTU Sawahlunto Terbakar

“Untuk kerugian sampai dengan saat ini belum bisa dipastikan. Kami masih melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran dengan olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi,” tuturnya. [pkt]


Baca berita Sawahlunto hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist