Kasus Covid-19 Tergolong Tinggi, 4 Provinsi ini Berstatus Dalam Pengawasan

Penulis: Mentari Tryana

Jakarta, Padangkita.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan saat ini ada 4 provinsi yang berstatus Provinsi Dalam Pengawasan (PDP) karena kasus Covid-19 yang tergolong tinggi.

Empat provinsi dengan status PDP tersebut adalah Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Sumatera Selatan.

Menurut Muhadjir, Presiden Jokowi telah menugaskan dirinya bersama Menteri Kesehatan dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk mengawasi keempat PDP tersebut.

“Pengawasan perlu dilakukan karena kasus penularan di keempat provinsi itu tergolong tinggi,” ujar Muhadjir saat mengunjungi Makassar, Minggu (7/6/2020).

Dalam kunjungan tersebut, Muhadjir menyebut pemerintah daerah dalam pengendalian Covid-19 harus melibatkan ahli dari berbagai bidang.

Menurutnya, pelibatan banyak pihak membuat pemerintah provinsi akan bisa menekan angka penularan.

“Saya hanya ingin meminta agar di samping melibatkan ahli epidemiologi juga bisa dilibatkan pakar sosiologi, psikologi, ekonomi agar kita lebih tepat dalam mengambil keputusan,” kata Muhadjir.

Baca juga: Moeldoko: Kebiasaan Berwudhu Masyarakat Berperan Kendalikan Covid-19 di Sumbar

Di samping itu, dalam acara yang sama, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyatakan, ada empat wilayah di Sulsel dengan kasus dan angka penularan yang tinggi yaitu Makassar, Gowa, Maros, dan Luwu Timur.

Menurut Nurdin, Pemerintah setempat telah melakukan intervensi yang maksimal dengan melakukan testing masif, membentuk wisata covid, dan peningkatan fasilitas kesehatan.

“Kami memperbanyak laboratorium dari tiga menjadi tujuh, sehingga jumlah testing bisa mencapai 800 spesimen per hari. Wisata covid-19 selain dimaksudkan untuk melakukan edukasi, juga menyediakan hotel sebagai tempat karantina,” ujar Nurdin.

Hasil intervensi tersebut, kata Nurdin, menunjukkan hasil yang menggembirakan. Tingkat penularan yang terjadi di Sulsel bisa ditekan menjadi 0,95.

Menurutnya, langkah yang harus dilakukan saat ini adalah mempertahankan kondisi yang mulai membaik. [*/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist