Jagoan UAS Ungguli Jagoan AHY dan Fadli Zon di Pilkada Limapuluh Kota

Sarilamak, Padangkita.com – KPU Limapuluh Kota, sudah menetapkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Kamis (17/12/2020) pukul 23.38 WIB. Hasilnya, jagoan atau pasangan calon (paslon) yang didukung Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Tengku Zulkarnain, berhasil mengungguli jagoan yang didukung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Fadli Zon.

Paslon yang didukung UAS dan Tengku Zulkarnain di Pilkada Limapuluh Kota adalah Safaruddin Datuak Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri. Pasangan bernomor urut tiga yang disingkat Safari (Safar-Rizki) ini, diusung oleh koalisi Partai Golkar dengan PPP dan PKS.

Menurut Ketua KPU Limapuluh Kota Masnijon, yang membacakan berita acara penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota Tahun 2020, pasangan Safaruddin Datuak Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri, memperoleh 50.986 suara.

Perolehan suara pasangan Safari ini, terpaut jauh dari perolehan suara paslon yang didukung AHY ataupun Fadli Zon. Seperti diketahui, saat kampanye Pilkada Limapuluh Kota 2020 digelar, AHY mendukung pasangan Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo yang diusung Partai Demokrat dan PAN. Sedangkan Fadli Zon mendukung pasangan Muhammad Rahmad dan Asyirwan Yunus yang diusung Gerindra, PKB, dan Hanura.

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Limapuluh Kota yang ditetapkan KPU, pasangan Darman Sahladi-Maskar M Datuak Pobo mendapatkan 43.338 suara. Sedangkan pasangan Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus meraih 42.707 suara.

Baca juga: Selisih 4.065 Suara, Hamsuardi-Risnawanto Tumbangkan Petahana Pasbar

Selain kedua pasangan ini, juga ada satu lagi kontestan Pilkada Limapuluh Kota Tahun 2020, yakni pasangan Ferizal Ridwan dan Nurkhalis yang maju lewat jalur perseorangan atau independen. Pasangan ini meraih 25.198 suara.

Ferizal Ridwan sendiri, selepas pemungutan suara digelar, secara sportif dan ksatria, mengakui jika pasangan Safaruddin Datuak Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri, unggul atas mereka.

“Dari data kami, memang Datuak Safar dan Rizki meraih suara paling banyak. Kita ucapkan selamat dan tunggu keputusan KPU,” kata Ferizal Ridwan.

Sedangkan dua pasangan lainnya yang ikut Pilkada 2020, belum menyampaikan tanggapan terkait Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang menetapkan pasangan Safaruddin Dt Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri sebagai peraih suara tertinggi. Namun, Rahmad lewat akun facebooknya sempat memposting ucapan selamat buat paslon terpillih tanpa menyebutkan nama calon.

Sementara itu, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo Atau Datuak Safar dalam pernyataannya kepada pers pada Senin (14/12/2020) malam, mengajak seluruh pasangan calon (paslon) yang menjadi kontestan Pilkada Limapuluh Kota 2020, untuk bersama-sama membangun daerah ini.

“Kepada seluruh keempat paslon, mari kita bersatu kembali, untuk membangun Limapuluh Kota yang maju,” kata Datuak Safar yang lima periode menjabat anggota dan Ketua DPRD Limapuluh Kota.

Datuak Safar yang sebelum Pilkada mengundurkan diri dari keanggotaan DPRD Sumbar juga berterima kasih kepada masyarakat Limapuluh Kota yang sudah menggunakan hak pilih. Menurutnya, Pilkada sudah berjalan aman, damai, dan sehat.

Datuak Safar juga mengajak masyarakat untuk melupakan nomor urut dalam Pilkada 2020. “Kepada masyarakat, kami sampaikan, kita sekarang tidak lagi bicara nomor urut 1, 2, 3, dan 4. Mari, kembali ke aktivitas masing-masing. Proses demokrasi sudah berlangsung,” ujar Datuak Safar.

Sedangkan kepada seluruh pendukung, simpatisan, relawan, dan tim pemenangan Safari, Datuak Safar dalam meminta agar menghilangkan syak wasangka dan curiga-mencurigai.

“Proses demokrasi itu, memang seperti sekarang. Biduak lalu, kiambang batauik. Kita dukung bersama-sama, siapa yang ditetapkan oleh KPU. Siapa yang dilantik nanti, itulah bupati dan wakil bupati kita,” ujar Datuak Safar. [gse/pkt]


Baca berita Limapuluh Kota terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler