Hasil Periksa Spesimen BBPOM: Takjil Pasar Pabukoan Batusangkar Aman Dikonsumsi

Penulis: Agg

Berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini: Makanan yang dijual di Pasar Pabukoan Kota Batusangkar aman untuk dikonsumsi

Batusangkar, Padangkita.com – Makanan yang dijual di Pasar Pabukoan Kota Batusangkar aman untuk dikonsumsi. Hasil pemeriksaan sampel makanan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Selasa (27/4/2021) sore menyatakan, bahan-bahan yang dipergunakan oleh para pedagang aman untuk dikonsumsi.

Sampel yang diperiksa BBPOM di laboratorium meliputi takjil atau menu berbuka puasa seperti cendol, kerupuk dan kue, gorengan serta makanan lainnya.

Zulkifli dari BBPOM Padang mengatakan, setidaknya pihaknya melakukan uji spesimen sebanyak 26 sampel. Dari 26 spesimen yang diperiksa itu hasil semuanya aman untuk dikonsumsi.

Dalam arti kata, makanan berbuka puasa yang dijual oleh pedagang di Pasar Pabukoan Batusangkar tidak ada yang mengandung zat berbahaya.

“Kita memeriksa takjil sebanyak 26 sampel, 7 sampel diuji untuk borak, 19 untuk rodamin, semuanya negatif dan aman untuk dikonsumsi sebagai penganan pabukoan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita mengatakan, salah satu tujuan pemeriksaan sampel makanan untuk meminimalisasi penggunaan zat berbahaya dalam penganan buka puasa yang dapat merusak tubuh.

Baca Juga: Pemkab Tanah Datar Dukung Danau Singkarak Jadi Kawasan Geopark Nasional

“Dari pagi kita bersama BBPOM Padang melakukan pengecekan terhadap pangan di pasar Batusangkar ini. Sore hari, kita melakukan pengecekan terhadap penganan buka puasa ini,” ungkap Yesrita. [pkt]


Baca berita Tanah Datar hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler