Hal Unik yang Mulai Jarang dan Langka Ditemui di Rumah Makan Padang

Penulis: Erika

Berita viral terbaru dan berita trending terbaru: restoran Padang terkenal dengan cara penyajiannya yang sangat unik dan menarik.

Padangkita.com – Makanan khas kota Padang memang terkenal dengan cita rasa dan kelezatannya. Bahkan, makanan khas kota Padang ini sudah sangat terkenal dan mendunia.

Namun, ada yang lebih menarik dari makanan tersebut yakni cara penyajiannya yang unik.

Restoran Padang identik dengan pramusaji yang membawa banyak piring dengan cara ditumpuk. Piring-piring tersebut berisikan lauk yang sudah dihitung takarannya dan hendak disajikan secara prasmanan kepada pelanggan.

Biasanya piring-piring lauk ditumpuk di lengan kiri dan membawa beberapa piring lagi di tangan kanan untuk disajikan dalam waktu singkat di meja makan.

Jumlah tumpukan piring yang dibawa berjumlah antara 5 sampai 10 piring dengan berbagai jenis makanan yang lezat dan mengunggah selera.

Menariknya lagi, pramusaji yang jago bisa membawa 25 piring di kedua tangannya tanpa harus mengurangi kelincahannya ketika berjalan.

Jika diperhatikan, piring-piring yang ditumpuk tersebut memiliki diameter sekitar 15 cm.

Penyajian yang unik dengan membawa piring dalam jumlah yang banyak ini disebut sebagai Manatiang Piriang di Ranah Minang.

Manatiang Piriang merupakan kata kerja yang berarti mengangkat piring. Pekerjaan seperti ini biasanya dilakukan oleh laki-laki pada saat menjamu makanan pada pelanggan ataupun acara-acara adat.

Hasril Chaniago dalam buku Kisah Hidup Haji Bustaman Pendiri Restoran Sederhana mengungkapkan bahwa peleyanan khas rumah makan Padang adalah cepat dan sigap. Begitu tamu datang dan duduk, makanan langsung dihidangkan tanpa perlu memesan hendak makan pakai apa.

Penyajian yang unik ini sudah berlangsung sejak lama. Pada dasarnya, rumah makan Padang disebut sebagai restoran cepat saji khas Indonesia.

Pelayan restorannya dituntut untuk menyajikan banyak jenis makanan dalam waktu yang cepat.

Manatiang Piriang ini memiliki makna tersediri di antaranya agar pelanggan tidak menunggu lama.

Baca Juga: 4 Kuliner Khas Ranah Minang Kelezatannya Tak Ada Lawan, Pernah Coba?

Kini, Manatiang Piriang mulai langka karena banyak restoran Padang yang menggantikannya dengan membawa piring menggunakan sejenis rak yang memiliki roda. [*/rik]


Baca berita viral terbaru dan berita trending terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist