Hadapi La Nina, BPBD Padang Siagakan Peralatan Penanganan Bencana

Padang, Padangkita.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang menggelar apel persiapan peralatan kebencanaan dalam menghadapi cuaca ekstrem La Nina. Acara berlangsung di halaman parkir Balaikota Padang, Kamis (12/11/2020).

Dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekda) Padang Amasrul, apel persiapan tersebut diikuti oleh ratusan personel dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Dinas Pemadam Kebakaran, dan organisasi penanganan bencana di Kota Padang lainnya.

Baca Juga

Amasrul pada kesempatan itu mengatakan apel ini bertujuan untuk mengondisikan personel dan peralatan penanganan bencana dalam menghadapi potensi cuaca ekstrim La Nina.

“Kita harus siap siaga karena kita tidak tahu kapan bencana datang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Padang Barlius mengatakan personel dari berbagai organisasi perangkat daerah penanganan bencana sudah siap secara fisik dan mental.

Selain personel, peralatan kebencanaan juga disiapsiagakan. Peralatan tersebut seperti mobil pemadam kebakaran, ambulans, perahu karet, mesin potong besi dan kayu, drone, dan sebagainya.

“Dengan La Nina, curah hujan 40 persen, lebih dari biasanya, sampai April 2021, masyarakat diimbau untuk hati-hati pergi ke mana-mana. Apalagi saat ini masih pandemi Covid-19. Jika tidak perlu, tidak usah keluar rumah,” jelasnya.

Baca Juga: Satu Unit Rumah Terbakar di Pampangan Padang, Delapan Armada Damkar Diturunkan

Dia pun mengimbau masyarakat untuk selalu waspada.

“Tetap kepada daerah-daerah yang rawan bencana di Kotak Padang seperti tebing, tepi sungai, dan kawasan rawan banjir, untuk selalu waspada,” imbuh Barlius. [abe]


Baca berita Padang, berita Sumbar terbaru  terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler