Dua Warga Tanah Datar Tewas Tersambar Petir Saat Memancing Sore Tadi

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Dua warga Kabupaten Tanah Datar tewas tersambar petir, Kamis (16/9/2021) sore tadi.

Kejadiannya sekitar pukul 17.30 WIB, saat kedua warga tersebut memancing di kolam pancing di Jorong Lantai Batu, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum. Kedua korban sempat dilarikan ke rumah sakit.

Informasi yang dihimpun Padangkita.com, kedua warga yang tersambar petir tersebut bernama Alan Putra, 25 tahun warga Tabek Boto, Baringin, Lima Kaum dan  Rino Kurniawan, 25 tahun, warga Sijangek, Sungai Tarab.

Saat kejadian, cuaca di Tanah Datar memang sedang hujan disertai petir dan angin kencang.

“Mereka sedang memancing dan datang petir keras menuju mereka, lalu korban terpelanting menuju kolam, sekarang korban berada di rumah sakit,” ujar Dani, salah seorang warga setempat.

Warga yang berada di lokasi melaporkan kejadian tersebut kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satpol PP Tanah Datar. Bersama warga, petugas BPBD membawa kedua korban ke RSUD M Ali Hanafiah Batusangkar.

Namun, kedua korban diduga sudah tewas sesaat setelah tersambar petir sebelum dibawa ke rumah sakit.

Plt Skretaris BPBD Tanah Datar Fauzan menyebutkan pihaknya masih mengumpulkan data kejadian selama hujan disertai angin kencang dan petir yang melanda Tanah Datar.

Dari informasi awal yang diterima pihaknya, selain dua orang tewas akibat tersambar petir di kolam pancing, juga terjadi pohon tumbang di dekat Kantor Disdukcapil, Kota Batusangkar. Pohon tumbang tersebut menimpa beberapa bangunan yang ada di sekitarnya.

Selain itu, juga terjadi kebakaran travo listrik di SMA 3 Batusangkar. Beruntung, mobil kebakaran cepat sampai ke lokasi, sehingga api yang menyembur dari travo dapat segera dipadamkan dan tidak meluas.

“Kami masih mengumpulkan data, untuk informasi awal yang kami terima saat ini tiga kejadian tersebut yang terjadi,” terang Fauzan.

Fauzan mengimbau agar masyarakat dapat mencari tempat aman saat hujan petir terjadi. “Jangan berada di area lapang,  atau segera cari tempat berlindung yang dirasa aman,” imbaunya.  (agg/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist