Diguncang Gempa, Warga Kota Padang Sempat Panik, BMKG Koreksi Kekuatan Jadi Magnitudo 5,2

Penulis: Fuadi Zikri

Padang, Padangkita.com – Gempa magnitudo 5,3 kembali mengguncang wilayah Pantai Barat Sumatra, Rabu (18/11/2020) pukul 11.41.59 WIB. Keterangan dari BMKG, gempa berpusat di 47 km barat daya Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Gempa tersebut cukup dirasakan kuat di beberapa wilayah di Sumatra Barat (Sumbar). Seperti di Kota Padang, akibat gempa warga berhamburan keluar rumah dan gedung.

Baca Juga

Di Mapolresta Padang, warga yang sedang melakukan aktivasi pengurusan SIM, SKCK dan dokumen lainnya berlarian ke luar gedung. Begitu juga dengan polisi yang sedang bertugas.

Sementara, di kawasan Pasar Raya Padang, masyarakat yang tengah berbelanja dan para pedagang sempat dilanda kepanikan. Mereka pun nampak cemas dan bersiaga menyelamatkan diri.

Salah seorang warga, Megi, 22 tahun mengatakan, cukup kaget dengan gempa bumi yang terjadi. Menurut Megi, gempa yang ia rasakan cukup kuat, walaupun durasinya tidak terlalu lama.

“Kencang (kuat) gempanya, karena kaget saya lari ke tempat yang lebih lapang, mana tahu semakin kencang,” kata Megi kepada Padangkita.com di Pasar Raya Padang.

Sementara itu, salah seorang warga, Zikra, yang tengah mengurus SKCK di Mapolresta Padang juga mengatakan hal yang sama. “Saya takutnya gempa susulan, kemarin kan gempa juga. Tadi banyak yang kabur keluar makanya saya ikut kabur,” ujar Zikra.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono menyebutkan, gempa yang mengguncang wilayah Sumatra Barat (Sumbar) pada Rabu (18/11/2020) pukul 11.41.59 WIB berkekuatan bukan magnitude 5,3 tetapi magnitudo 5,2.

Baca Juga: Gempa 5,3 Guncang Padang, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Gempa yang mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatra adalah gempa tektonik. Episenter gempa terletak pada koordinat 1,75 LS dan 100,42 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 47 km arah Barat Daya Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Baca Juga: Gempa Bumi 2 Hari Berturut-turut di Sumbar, Ini Penjelasan BMKG

“Berdasarkan analisis BMKG, pusat gempa berada pada kedalaman 46 km dengan kekuatan magnitudo 5,2 SR,” ujar Rahmat dalam keterangan tertulis yang diterima Padangkita.com, Rabu (18/11/2020). [pkt]


Baca berita Padang dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.

Terpopuler