Diduga Gara-gara Puntung Rokok, Rumah di Tabek Patah Ludes Terbakar

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Kebakaran kembali terjadi di Tanah Datar. Kali ini kebakaran menghanguskan rumah warga di Jorong Koto, Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, Kamis (25/11/2021) malam.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Tanah Datar melalui Kasi Keselamatan dan Kebakaran (Matkar) Fauzi Arifin, menyebutkan kerugian akibat kebakaran tersebut mencapai Rp30 juta

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi sekira pukul 20.00 WIB itu. Rumah berukuran 4 x 6 Meter yang terbakar adalah milik Amrizal, 57 tahun.

Fauzi menjelaskan, berdasarkan informasi Wali Jorong Koto Zulkifli, 56 tahun, yang juga sebagai saksi mata, saat kejadian korban Amrizal sedang berada di warung sedangkan anaknya sendiri di rumah.

“Amrizal tinggal bersama seorang anak laki-lakinya yang mengalami sakit gangguan jiwa. Beruntung saat kejadian berhasil diselamatkan, karena ia sendiri saat itu sedang berada di warung yang cukup jauh dari kediamannya,” kata Fauzi.

Soal penyebab kebakaran, kata Fauzi, kuat dugaan dari api puntung rokok, karena rumah korban tidak memakai aliran listrik. Dan korban mengaku melakukan aktivitas memasak pukul 15.00 WIB.

“Dugaan sementara api berasal dari puntung rokok yang dibuang sembarangan. Pengakuan korban Amrizal, selepas memasak ia juga sudah memastikan api sudah padam. Namun penyebab pastinya akan diselidiki pihak terkait,” kata Fauzi.

Upaya pemadaman dengan menurunkan 2 unit armada pemadam kebakaran yang berasal  dari Posko Salimpaung dan Posko Batusangkar.

Baca juga: Diduga Ada yang Sengaja Membakar Pasar Bawah Bukittinggi, Polisi Tangkap Seorang Pria

“Alhamdulillah, dengan melibatkan 18 orang personel dan dua armada Damkar, api sudah berhasil dipadamkan, namun rumah ludes terbakar,” tukas Fauzi. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist