Devix Wilson, Anggota Tim Gagak Hitam Polres Padang Pariaman, Terpilih Ikut Pasukan Perdamaian PBB di Mali

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Iptu Devix Wilson terpilih mengikuti misi perdamaian dunia di Mali.

Padang, Padangkita.com – Kepala Bagian Operasi (KBO) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Padang Pariaman, Iptu Devix Wilson terpilih sebagai salah satu dari empat polisi asal Polda Sumatra Barat (Sumbar) mengikuti misi perdamaian dunia di Mali.

Dia nanti akan bergabung dalam pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang bernama “United Nations (UN) Multidimensional Integrated Stabilization Mission In Mali (MINUSMA)”.

“Personel dari jajaran Polda Sumbar yang tergabung ke dalam misi MINUSMA itu ada empat orang, yaitu dari Polres Padang Pariaman, Padang Panjang, Satbrimob dan Ditlantas. Total seluruh Indonesia yang ditugaskan itu pasukan intinya sebesar 138 personel,” ungkap Devix kepada Padangkita.com, Jumat (5/3/2021).

Ia mengaku sangat antusias dan bersemangat untuk mewakili Indonesia dalam misi perdamaian PBB. Dia menyebutkan, untuk terpilih, banyak proses seleksi yang harus dilalui dan diikutinya.

“Awal mulanya saya ikut seleksi Force Police Unit (FPU), yaitu MINUSCA dan UNAMID untuk penugasan di Mali yang berada di Afrika Barat. Namun seiring berjalannya proses seleksi, yang ke Mali itu masuk ke dalam misi baru dengan nama MINUSMA,” kata Devix saat berkunjung ke kantor Padangkita.com, Jumat (5/3/2021).

Devix mengatakan akan kembali mengikuti tahapan Latihan Pra-Operasi (Lat Pra-Ops) yang dimulai dari bulan April 2021 hingga tiga sampai enam bulan ke depan.

“Pada Lat Pra-Ops, kami mempelajari kondisi geografis, tindakan apa saja yang diambil tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dan ditambah kemampuan berbahasa, karena bahasa di sana adalah Prancis, meskipun bahasa resmi dari PBB sendiri adalah Inggris. Namun saya juga menguasai bahasa Arab dan mempelajari bahasa Prancis,” ungkapnya.

Devix yang juga tergabung dalam tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman mengatakan, penugasan di misi MINUSCA akan berlangsung selama satu tahun dan akan diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Tim Gagak Hitam Polres Padang Pariaman Berkunjung ke Kantor Padangkita.com

Meskipun belum ada tanggal pasti keberangkatan, tetapi kata Devix, petugas MINUSMA akan menjalani lagi training tambahan di luar negeri, sebelum benar-benar ke Mali. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist