Cegah Warga India Masuk Sumbar, Kanwil Kemenkumham Perketat Pengawasan di BIM

|
Editor: Zulfikar

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Kanwil Kemenkumham perketat pengawasan di BIM, cegah warga India eksodus.

Padang, Padangkita.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) memperketat pengawasan terhadap penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya mengatakan hal tersebut dilakukan untuk untuk mengantisipasi eksodus Warga Negara Asing (WNA) asal India.

Sebagai informasi, kata Andika, India mengalami tsunami Covid-19, di mana terjadi lonjakan besar dalam kasus positif dan angka kematian penduduk akibat virus SARS-CoV-2.

Kebijakan ini, jelas Andika, juga dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI terkait pembatasan sementara masuknya pelaku perjalanan ke wilayah Indonesia.

“Karena itu, Kanwil Kemenkumham Sumbar melakukan langkah antisipatif dalam rangka pencegahan imported case Covid-19 dari India,” ujar Andika saat dihubungi Padangkita.com, Jumat (30/4/2021).

Kanwil Kemenkumham Sumbar, jelas Andika, telah menggelar rapat koordinasi aturan pembatasan sementara terhadap warga negara India bersama Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang, otoritas BIM, dan perwakilan maskapai penerbangan, seperti Lion Air, Citilink, Air Asia, dan Garuda Indonesia.

Para pihak terkait, terang Andika, juga telah menyatakan komitmen untuk menjalin kerja sama untuk membantu tim imigrasi Kemenkumham Sumbar dalam rangka melakukan pengawasan orang asing khususnya WNA asal India.

“Karena penerbangan internasional di BIM masih ditutup, kemungkinannya adalah penumpang domestik, sehingga di terminal kedatangan domestik BIM harus dilakukan pemantauan terhadap kedatangan penumpang WNA khususnya warga negara India,” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan Andika, Kanwil Kemenkumham juga telah menempatkan petugas di BIM untuk melakukan pemantauan kepada penumpang yang mendarat.

Baca juga: Kasus Covid-19 Harian di Sumbar Naik Lagi di Atas 100 Orang, dari BIM Ditemukan 15 Orang

“Efektif sejak 24 April yang lalu, jajaran Kantor Imigrasi Kelas I TPI Padang sudah melakukan pemantauan di BIM,” katanya. [zfk]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler