Bukan dengan Beras, Ini Cara yang Efektif Saat HP Terkena Air

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Ada metode terkenal yang kerap dilakukan saat handphone atau HP basah atau terkena air, yaitu dengan memasukkannya ke dalam beras.

Meski kebanyakan orang sangat mempercayainya, namun nanyatanya, hal itu cenderung tidak berguna bahkan bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada ponsel yang basah tersebut.

Baca Juga

Lantas apa metode yang lebih efektif untuk mengatasi HP yang basah atau terkena air?

Dilansir dari Brightside, berikut 7 langkah alternatif yang bisa dilakukan saat HP terkena air:

1. Biarkan Mengering Sendiri

Taruh HP yang basah di tempat yang kering dan biarkan dia mengering dengan sendirinya.

Hal ini lebih baik daripada memasukan hp ke dalam beras yang mungkin akan merusak bagian-bagian kecil HP karena debu yang menempel di beras.

2. Segera Matikan HP

Ada sirkuit dalam handphone yang beroperasi saat hp dinyalakan. Segera matikan HP saat terkena air agar sirkuit tersebut aman dan tidak mengalami kerusakan.

Semakin anda mematikan hp yang basah semakin kecil pula kemungkinan terjadinya kerusakan besar pada sirkuit.

3. Keringkan dengan Tisu atau Handuk

Setelah HP dimatikan, gunakan tisu atau handuk biasa untuk mengelap dan mengeringkan ponsel Anda.

Pastikan untuk melakukan langkah ini dengan hati-hati dan lembut, karena Anda ingin menghindari air mendorong ke ujung ponsel. Penting juga untuk memastikan anda menggunakan handuk yang tidak berbulu.

4. Lepaskan Bagian yang Bisa Dilepas

Segera lepaskan bagian-bagian yang bisa dilepas lalu dikeringkan, seperti bagian belakang ponsel, kartu SIM, kartu memori, dan baterai jika memungkinkan.

5. Jangan Masukkan Benda Apapun ke dalam Charging Port 

Ini perlu diingatkan. Jangan memasukkan kapas, potongan kecil kertas, atau handuk untuk membantu mengeringkan port pengisian daya Anda.

Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak menekan tombol apa pun atau menggoyangkan HP Anda karena itu dapat menggeser cairan di dalamnya.

Setelah Anda berhasil mengikuti semua langkah tersebut, letakkan ponsel Anda di atas handuk kering dan biarkan mengering di sana. [try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler