Besok, Pasar Bawah Bukittinggi yang Terbakar Mulai Dibangun

Penulis: Zulfikar Efendi

Bukittinggi, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi akan segera membangun kembali Pasar Bawah yang terbakar pada Sabtu (11/9/2021). Bahkan, hari ini, Minggu (12/9/2021) pemko bersama para pedagang tengah melaksanakan gotong royong (goro) bersama.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar meminta dan menginstruksikan, agar para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mempercepat recovery pasca-musibah. “OPD terkait segera ambil peran dan besinergi untuk mempercepat recovery. Kita targetkan goro selesai hari ini, dan besok, Senin (13/9/2021) proses pembangunan segera dimulai,” ujar Erman Safar, Minggu (12/9/2021).

Sementara itu, Plt. Asisten I Setdako sekaligus Plt. Kadis Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Bukittinggi, Isra Yonza menyebutkan, pelaksanaan goro kali ini mengamankan barang-barang pedagang korban dari pihak-pihak yang tidak berhak atau tidak berkepentingan.

Isra yang mengkoordinatori goro itu meminta agar para pedagang memilah kembali dan mengamankan barang-barang yang dirasa masih bisa dimanfaatkan dengan bantuan aparat.

“Kita jaga dan amankan barang-barang pedagang dari pihak yang tidak berhak atau berkepentingan, selain itu kita kumpulkan seluruh seng di satu tempat yang nantinya akan dijadikan pagar pembatas,” ujarnya.

Lalu, Isra juga meminta peserta goro tetap dalam pembatasan untuk tidak mendekati atau menyentuh barang-barang di wilayah garis polisi.

Baca juga: Pemko Carikan Lokasi Penampungan Ratusan Pedagang Pasar Bawah yang Terdampak Kebakaran

Goro kali ini, diperkirakan diikuti 200 orang dari gabungan dari Pol PP, PBPD, PUPR,Dinsos, dan Kelurahan ATTS serta 150 orang pedagang yang ikut untuk saling membantu. [zfk]

Terpopuler

Add New Playlist