Pemko Carikan Lokasi Penampungan Ratusan Pedagang Pasar Bawah yang Terdampak Kebakaran

Bukittinggi, Padangkita.com – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi segera menyiapkan lokasi penampungan sementara bagi pedagang yang terdampak kebakaran di Pasar Bawah, Kota Bukittinggi.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Bukittinggi Rismal Hadi mengatakan setidaknya ada 300 pedagang yang terdampak akibat kiosnya terbakar dalam kebakaran Sabtu (11/9/2021) dini hari tadi.

“Kita tentunya sesegeranya menyiapkan lokasi penampungan. Ini segera kita kaji juga,” ujarnya, Sabtu (11/9/2021).

Dia mengatakan pihaknya akan berkomunikasi dengan pedagang yang terdampak terlebih dahulu terkait lokasi yang memungkinkan.

“Mudah-mudahan ada lokasi yang memang nyaman bagi pedagang tapi tidak mengganggu juga penataan pasar secara keseluruhan,” sampainya.

Untuk upaya sementara, Pemko Bukittinggi menyerahkan sepenuhnya penyelidikan soal penyebab kebakaran kepada polisi.

Pihaknya juga akan melakukan pembersihan. “Dan kita tentukan nanti, bisa jadi kalau memungkinkan, di lokasi tersebut kita akan membangun tempat berdagang sementara,” ungkap Rismal.

Sebelumnya diberitakan ratusan kios pedagang di Pasar Bawah, Kota Bukittinggi, hangus dilahap si jago merah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Bukittinggi, Martius, mengatakan pihaknya mendapatkan informasi tentang kebakaran itu pukul 02.05 WIB.

Pemadaman dibantu oleh Damkar dari daerah lainnya seperti Kabupaten Agam, Kota Padang Panjang, Kabupaten Padang Pariaman, dan sebagainya.

Setelah berjibaku melawan api, pemadaman kebakaran pun selesai dilakukan pada pukul 05.30 WIB.

Baca juga: Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar, Ratusan Kios Hangus, Penyebab Kebakaran Belum Diketahui

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sementara itu, besaran kerugian masih dihitung oleh pihak terkait. Garis polisi juga sudah terpasang di sekitar lokasi. [fru/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist