Berbagi Cerita Bersama Fadel, Alumni SMAN 1 Padang Panjang Setahun Kuliah di Rumania dengan Beasiswa

Penulis: Zulfikar Efendi

Padang Panjang, Padangkita.com – Fadel Muhammad Zikrillah, 20 tahun, kini telah mengenyam pendidikan selama setahun di Rumania dengan beasiswa bertajuk Romanian Government Scholarship tahun 2020.

Fadel merupakan salah satu putra Kota Padang Panjang yang beruntung, berkat kegigihannya, kini ia berhasil menggapai apa yang diimpikan, yaitu kuliah di luar negeri.

Tak tanggung-tanggung, Fadel dapat kuliah di Rumania, dan dapat beasiswa pula.

Anak dari pasangan suami istri Syafril Ahmad Dini dan Roha Nauli, warga Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur kini turut mengharumkan nama Kota Padang Panjang di kancah internasional.

Diceritakan Fadel, untuk mendapatkan dapat kuliah di luar negeri tak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi dengan beasiswa.

Bahkan, rintangan demi rintangan telah dilalui Fadel, termasuk terkendala usia, hingga akhirnya Pemerintah Rumania menerima alumni SMAN 1 Padang Panjang itu kuliah di Transylvania University Brasov, Jurusan Renewable Energy System Engineering.

Padang Panjang, Padangkita.com - Fadel Muhammad Zikrillah, 20 tahun, kini telah mengenyam pendidikan selama setahun di Rumania.
Fadel saat bersama mahasiswa dan mahasiswi lainnya di Rumania. [Foto: Dok. Kominfo Padang Panjang]
Menurut Fadel, ia memilih jurusan terkait energi terbarukan itu karena ingin mengeksplor lebih banyak tentang energi terbarukan di Indonesia.

“Kebetulan prosedur untuk kuliah di Rumania ini simpel. Hanya seleksi administrasi berupa ijazah rapor dan paspor. Setelah dinyatakan lulus seleksi, Fadel mengurus pendaftaran ke Kedutaan Besar Rumania di Jakarta. Selain Fadel, ada empat orang lagi. Satu dari Padang, Bali dan dua dari Jakarta,” ujar Fadel.

Meskipun terlihat simpel, jelas Fadel, tentu harus punya bekal untuk bisa kuliah di sana. Bekal itu, kepandaian berbahasa Inggris. Karena tahun pertama kuliah, menggunakan bahasa internasional itu sebagai pengantar.

Bahkan, ucap Fadel, selama setahun di Rumania, harus bisa menguasai bahasa Rumania. “Karena sebagai penerima beasiswa penuh pemerintah Rumania, persyaratan utamanya memang harus pandai berbahasa negara tersebut,” paparnya.

Hingga saat ini, Fadel mengaku betah berada di negeri yang berbatasan dengan Laut Hitam itu.

“Orang di sini ramah-ramah. Akses juga lebih gampang, yang susah itu soal makanan, agak sulit mencari bahan makanan Indonesia di sini,” imbuhnya.

Padang Panjang, Padangkita.com - Fadel Muhammad Zikrillah, 20 tahun, kini telah mengenyam pendidikan selama setahun di Rumania.
Fadel Muhammad Zikrillah, 20 tahun, putra Padang Panjang yang kuliah dan mendapatkan beasiswa penuh di Rumania. [Foto: Dok. Kominfo Padang Panjang]
Kemudian, bagi yang ingin kuliah di luar negeri, terutama Rumania, jelas Fadel, maka persiapkanlah mental dan surviving skills (kemampuan bertahan-red).

“Lebih bagaimana cara adaptasi dengan lingkungan yang dinamis dan selalu berubah. Karena at the end, yang bisa bikin nyaman lingkungan belajar kita ya balik ke kita sendiri. Saran, buat adik-adik yang sedang memperjuangkan pendidikannya, cuma satu, jangan berhenti. Terus cari informasi, terus belajar, jangan pernah berhenti. Karena pendidikan itu rata bagi semua orang, tidak memandang ekonomi, agama, ras, dan sebagainya. Selama kita berusaha pasti ada jalannya,” tegas Fadel.

Baca juga: Sosok Naura Arifa, Remaja Lulusan SMAN 1 Padang Panjang yang Lanjutkan Studi ke Turki

Kalau menemui kegagalan, kata Fadel, terkadang kegagalan itu juga harus ditinjau berulang lagi.
“Mana tahu dengan kegagalan itu, salah satu jalan Allah untuk menghindarkan kita dari hal-hal buruk di masa depan. Karena yang terbaik menurut kita, belum tentu terbaik di mata Allah SWT,” katanya. [*/zfk]

Terpopuler