Sosok Naura Arifa, Remaja Lulusan SMAN 1 Padang Panjang yang Lanjutkan Studi ke Turki

Penulis: Zulfikar Efendi

Padang Panjang, Padangkita.com – Naura Arifa atau yang akrab disapa Nau itu kini akan melanjutkan studinya di Universitas Ankara, Turki.

Nau merupakan alumni Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Padang Panjang, ia baru saja lulus (lulusan tahun 2021).

Berawal dari sebuah cita-cita ingin kuliah ke luar negeri, kini keinginan Nau terwujud, meskipun bukan di negara yang awalnya ia inginkan, yaitu USA.

“Sebenarnya, dari lubuk hati, pengennya ke USA, tapi belum kesampaian. Turki jadi negara kedua, karena di sana lingkungan belajar sainsnya mendukung dan standar pendidikannya juga tinggi. Nau pengen banget ngerasain belajar di negara maju dan semoga nanti ilmunya bisa diterapin di Indonesia,” ujar Nau dikutip dari rilis yang diterbitkan di Fanpage Kominfo Padang Panjang, Minggu (22/8/2021).

Selain mendaftar ke Turki, kata Nau, ia juga sempat mendaftar di beberapa universitas di berbagai negara, di antaranya Rumania, Rusia dan Jepang.

“Qadarullah nggak lulus. Nau lulusnya di Turki,” ucapnya.

Padang Panjang, Padangkita.com - Naura Arifa atau yang akrab disapa Nau itu kini akan melanjutkan studinya di Universitas Ankara, Turki.
Naura Arifa, remaja asal padang Panjang yang lulus kuliah ke Turki. [Foto: Dok. Diskominfo Padang Panjang]
Diketahui, Nau sejak SMA sudah aktif Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Khairul Fatihin SMAN 1 Padang Panjang.

Lalu, ia diutus PIK-R untuk ikut dalam ajang Duta Generasi Berencana (GenRe) di Kota Padang Panjang tahun 2019. Nau berhasil meraih juara II.

Meskipun demikian, putri sulung dari pasangan Rio Novi Irawan dan Vera Siskawati Eka Putri itu kerap menjadi wakil Kota Padang Panjang untuk ikut dalam perlombaan di tingkat provinsi.

Mewakili Padang Panjang dalam lomba Seni Drama Kontemporer Ajang Temu Kreativitas (Adu Jak) GenRe Sumbar, Nau berhasil meraih juara I, tahun 2019.

Di tahan yang sama, Nau juga berhasil meraih juara III pada lomba fun cooking Ajang Temu Kreativitas dan Saka Kencana Kota Padang Panjang.

Tak hanya sampai di situ, pada tahun 2020, Nau kembali diutus untuk membawa nama Kota Padang Panjang ke provinsi untuk ikut Adu Jak GenRe Sumbar. Kali ini, Nau meraih juara II dalam lomba Podcast.

Lebih lanjut, gadis kelahiran 6 April 2004 itu juga pernah meraih juara III dalam lomba Produksi Produk Masa Pandemi di ajang tahunan remaja BKKBN Sumbar.

Pencapaian prestasi Nau tak hanya sampai di situ, dia juga mendapat beasiswa penuh sebagai siswa pertukaran pelajar ke Amerika Serikat KL-YES yang diselenggarakan Department State of USA tahun 2020.

Padang Panjang, Padangkita.com - Naura Arifa atau yang akrab disapa Nau itu kini akan melanjutkan studinya di Universitas Ankara, Turki.
Naura Arifa, alumni SMAN 1 Padang Panjang yang kini akan menjadi mahasiswi di Universitas Ankara, Turki. [Foto: Dok. Diskominfo Padang Panjang]
Nau juga ikut sebagai peserta Asian Youth Exchange Chapter 4 Turki yang diselenggarakan Event Hunter Indonesia tahun 2020.

Kemjdian, Nau juga menjadi peserta lomba Esai Nasional yang diadakan Sejuta Cita Future Leaders tahun 2020.

Di tahun 2021, Nau kembali berpartisipasi dala, ajang Preparing Global Leadears Forum Virtual Leadership Summit yang digelar PGLF International.

Kini, Naura Arifa atau Nau akan menjadi mahasiswi di Universitas Ankara, Turki.

Atas pencapaian segudang prestasi dan lulus di Turki, Wali kota Padang Panjang, Fadly Amran mengucapkan selamat untuk Naura.

“Selamat untuk Naura yang akan melanjutkan kuliah ke luar negeri. Keberhasilan Naura tentunya menjadi kebahagiaan bagi kami. Kami berharap agar Naura dapat mengharumkan nama Kota Padang Panjang selama berada di Turki nanti,” kata Fadly. [*/zfk]

Terpopuler

Add New Playlist