Begini Cara Merekam Rapat Online di Google Meet dan Zoom

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Pandemi Covid-19 masih berlangsung di berbagai negara di seluruh dunia. Hal ini membuat masyarakat harus terus menyesuaikan kebiasaan untuk menghindari penyebaran virus itu sendiri.

Adapun kebiasaan baru yang dituntut tersebut salah satunya aktivitas di kantor dan sekolah yang diganti menjadi daring atau online dengan mengandalkan aplikasi.

Meski sejumlah sekolah dan perkantoran mulai menerapkan tatap muka, nyatanya daerah-daerah dengan kasus Covid-19 yang tinggi atau daerah selain zona hijau Covid-19 masih melakukan aktivitas secara daring.

Aplikasi yang sering digunakan untuk aktivitas tersebut adalah Zoom dan Google Meet. Dua aplikasi video conference ini jadi yang paling diandalkan oleh pekerja, mahasiswa, dosen hingga siswa.

Untuk membantu pengguna memutar kembali video conference yang berlangsung, Zoom dan Google Meet menyediakan fitur perekam.

Google Meet

Dilansir dari laman resmi google, Google Meet dapat merekam seluruh aktivitas dalam video conference yang sedang berlangsung, ini menyertakan pembicara aktif dan apa pun yang dipresentasikan termasuk log percakapan atau chat.

Rekaman tersebut akan tersimpan Google Drive milik penyelenggara. Penyelenggara dan orang-orang yang mengikuti rapat atau pembelajaran online akan menerima email berisi link rekaman tersebut.

Namun, perlu diingat, rekaman hanya bisa dilakukan untuk pengguna melalui komputer. Pengguna aplikasi seluler hanya akan menerima notifikasi saat rekaman dimulai atau dihentikan, tetapi tidak dapat mengontrol rekaman.

Perlu diketahui juga, pengguna dapat merekam video dan percakapan, jika:

– Pengguna adalah penyelenggara rapat
– Pengguna berada di organisasi yang sama dengan penyelenggara
– Pengguna adalah pengajar yang login ke akun G Suite Anda, tetapi bukan siswa

Sebelum melakukan rekaman, admin perlu mengaktifkan perekaman untuk akun Anda.

Berikut langkah untuk merekam rapat online di Google Meet:

– Buka Meet, lalu Mulai atau Gabung dalam rapat.
– Klik Lainnya, lalu Rekam rapat. Jika Anda mengalami masalah, buka Saya tidak dapat menemukan tombol rekam.
– Tunggu hingga rekaman dimulai. Peserta lain diberi tahu saat rekaman dimulai atau berhenti.
– Setelah selesai, klik Lainnya lalu Berhenti merekam. Rekaman juga berhenti ketika semua orang meninggalkan rapat. Klik Berhenti merekam lagi untuk memastikan.
– Tunggu hingga file rekaman selesai dibuat dan disimpan di folder Drive Saya. Rekaman Meet milik akun penyelenggara rapat
– Tunggu hingga file rekaman selesai dibuat dan disimpan di folder Drive Saya > Rekaman Meet milik penyelenggara rapat.
– Email yang berisi link rekaman akan dikirimkan ke penyelenggara rapat dan orang yang membuat rekaman.

Setelah Anda mendapatkan link rekaman di email Anda, Anda bisa memutar rekaman. Anda juga bisa mendownload rekaman atau menyimpannya di Google Drive Anda.

Zoom

Selain Google Meet, aplikasi Zoom juga dapat merekam pertemuan online yang digelar. Pengguna dapat menyimpan rekaman ke Cloud. File rekaman juga dapat diunduh ke komputer.

File yang direkam dapat diunggah ke layanan penyimpanan file seperti Dropbox, Google Drive, atau layanan streaming seperti YouTube atau Vimeo.

Akan tetapi, di laman Zoom dijelaskan bahwa perekaman lokal dengan perangkat iOS atau Android tidak bisa dilakukan.

Cara memulai perekaman sebagai pengguna:

– Masuk ke portal web Zoom dan klik Pengaturan Rapat Saya (jika Anda adalah administrator akun) atau Pengaturan Rapat (jika Anda adalah anggota akun).
– Di tab Perekaman atau recording, navigasikan ke opsi Rekaman Lokal (local recording) dan verifikasi bahwa pengaturan diaktifkan.
– Jika pengaturan dinonaktifkan, klik aktifkan untuk mengaktifkannya. Jika warnanya berubah menjadi biru artinya sudah aktif.
– Jika dialog verifikasi ditampilkan, pilih Aktifkan untuk memverifikasi perubahan.

Jika opsi tersebut berwarna abu-abu, itu telah dikunci di tingkat grup atau akun. Oleh karena itu Anda harus menghubungi administrator Zoom Anda.

Host atau admin perlu memberi izin kepada pengguna agar dapat melakukan perekaman. Admin bisa memantau peserta yang sedang merekam. Sementara itu perekaman cloud diaktifkan secara otomatis untuk semua pelanggan berbayar.

Anda dapat merekam rapat dalam berbagai layout perekaman termasuk pembicara aktif, tampilan galeri, dan layar bersama. Dalam hal ini, perekaman tersedia untuk pengguna iOS dan Android. [try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler