Artha 198, Kuda Milik Wako Riza Falepi Juara 1 di Sawahlunto Derby 2021

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Payakumbuh, Padangkita.com – Kuda milik Wali Kota (Wako) Payakumbuh, Riza Falepi berhasil meraih juara 1 pacuan kuda Race Kelas CD 3 Tahun Remaja 1.300 meter dalam ajang Sawahlunto Derby 2021.

Kuda yang diberi nama Artha 198 itu berwarna Nafas, dengan jenis kelamin betina, usia tiga tahun.

Artha 198 merupakan anak dari induk Ratu Sicincin dan pejantan Our People, dilatih oleh Agusril di Bintang 198 Stable dengan joki Riyan Firmansyah asal Kota Payakumbuh.

Wali Kota Riza Falepi, yang juga Ketua Umum Pordasi Kota Payakumbuh menyampaikan, bahwa tahun ini Kota Payakumbuh tak menggelar pacuan kuda karena pandemi Covid-19.

Saat ini, hingga akhir tahun 2021, kata Riza, pemerintah kota lebih fokus pada percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity.

“InsyaAllah kalau pandemi ini mereda, kita bakal gelar pula pacu kuda seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujar Riza dikutip dari situs resmi milik Pemko Payakumbuh, Selasa (14/12/2021).

Sementara itu, Sekretaris Umum Pordasi Kota Payakumbuh, Dasril mengatakam, salah satu dampak yang diharapkan dari kegiatan pacu kuda, yaitu meningkatnya kunjungan wisata.

Pacuan kuda seri pertama tahun 2022 Sumbar, kata Dasril, akan dihelat di Kota Payakumbuh pada bulan Februari 2022 nanti.

“Mari kita patuhi protokol kesehatan agar kegiatan ini bisa kita lanjutkan tahun depan. Ini bukti bahwa kita cinta akan kuda. Dengan harapan kita bisa mengadakan event-event berskala nasional berikutnya,” ucapnya.

Diketahui, Kejuaraan Pacuan Kuda Sawahlunto Derby merupakan salah satu ajang pacuan kuda klasik dan paling ditunggu komunitas berkuda, khususnya pacuan Sawahlunto Derby yang dilangsungkan setiap tahun untuk memeriahkan hari jadi kota tambang tersebut, yang dirayakan setiap 1 Desember.

Pada tahun 2021 ini tidak ada kuda luar Sumbar yang ikut serta, jadi hampir semua daerah di Indonesia vacum kegiatan, kecuali di Jabar dan Sulut yang masih gigih menjalankan kegiatan pacuan maupun latihan bersama, termasuk di Sumbar.

Event ini diikuti oleh sebanyak 18 ekor kuda dari Kota Payakumbuh. Turut hadir di kegiatan ini Ketua Pordasi Nasional Triwati Marciano, Ketua Pordasi Sumbar, Ramlan Nurmatias.

Baca juga: Wako Riza Falepi Tegaskan Vaksinasi Door to Door Segera Digelar

Di tribun kehormatan juga terlihat Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta sebagai tuan rumah, Wakil Wali Kota, dan Sekda Kota Sawahlunto, serta Dirut Bank Nagari sebagai sponsor utama. [*/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist