Apa Perbedaan Gitar Akustik dengan Gitar Listrik?

Penulis: Sonia

Padangkita.com – Para pemula yang ingin belajar memainkan alat musik, terutama gitar, tentu pernah dihadapkan pada pertanyaan ini. Mana yang sebaiknya yang Anda pelajari, gitar listrik atau akustik? Manakah yang lebih mudah dipelajari sebagai pemula?

Sebagai pemula, sangat penting untuk memilih alat musik yang cocok dengan kesukaan Anda dan memotivasi Anda untuk terus belajar.

Untuk meningkatkan permainan, Anda harus banyak berlatih. Nah, untuk membantu Anda dalam memilih, simak beberapa perbedaan antara gitar akustik dan gitar listrik berikut ini.

Karakter suara

Perbedaan yang paling menonjol antara gitar listrik dan akustik adalah karakter suara yang dihasilkannya. Gitar listrik memiliki suara yang bisa melengking tinggi dan cocok dipadukan dengan alat-alat musik lain seperti drum atau bass dalam sebuah band.

Gitar akustik menghasilkan suara yang cenderung lebih ringan, lembut dan natural, dan biasanya menjadi permainan yang ditonjolkan dalam sebuah lagu. Simak beberapa review gitar akustik di sini.

Aliran musik

Karena perbedaan karakteristik suara yang dihasilkannya, kedua gitar itu digunakan untuk jenis musik yang berbeda.

Dengan karakter suara yang dihasilkannya, gitar listrik cocok untuk memainkan berbagai jenis musik: rock, blues, jazz, hingga heavy metal. Gitar akustik paling cocok untuk memainkan lagu-lagu yang memang menonjolkan petikan gitar, seperti lagu bertempo slow, lagu pop, keroncong, klasik, tradisional, atau country.

Biaya

Dari segi biaya, ada beberapa keuntungan memilih gitar akustik daripada gitar listrik. Harga gitar akustik secara umum lebih murah daripada gitar listrik.

Dan, jika Anda memulai dengan gitar listrik, Anda akan membutuhkan amplifier sebagai tambahan. Ini tidak perlu Anda lakukan dengan gitar akustik. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk beberapa aksesoris yang mungkin Anda perlukan dengan listrik juga.

Fokus

Memulai dengan gitar akustik dapat membantu Anda berfokus pada instrumen. Perhatian Anda tidak akan terbagi dengan distorsi, pedal, atau kenop volume yang dapat mempengaruhi permainan gitar Anda. Ini membantu Anda fokus pada dasar-dasar instrumen, nada, dan suara.

Mudah dibawa dan mudah diakses

Gitar akustik mudah dibawa-bawa. Anda bisa memasukkan gitar ke dalam wadahnya dan membawanya di punggung, ke mana pun Anda pergi.

Ini memudahkan Anda untuk bermain dan berlatih di mana pun yang Anda inginkan. Sebaliknya, gitar listrik tidak begitu praktis. Anda perlu amplifier dan Anda perlu mencari catu daya. Kemungkinan besar, Anda tidak akan bisa berlatih di luar ruangan.

Untuk kemudahan mengakses, gitar akustik juga lebih menarik untuk pemula. Cukup diletakkan di atas dudukan atau hanya diletakkan dalam wadahnya, Anda mungkin akan lebih sering mengambil instrumen itu dan lebih sering bermain dengan gitar akustik.

Kesederhanaan dalam bermain

Meski tampaknya gitar akustik lebih menarik untuk pemula, ada beberapa keuntungan untuk memulai belajar memainkan gitar listrik.

Gitar akustik yang lebih murah, yang biasa digunakan pemula, cenderung memiliki aksi yang lebih tinggi. Ini berarti senar pada gitar lebih jauh dari papan fret, yang membuat Anda lebih sulit mendapatkan bentuk jari yang akurat.

Selain itu, gitar akustik memiliki senar yang lebih berat dan membutuhkan gaya picking dan fingering yang lebih tegas. Sebagai pemula, Anda belum mengembangkan kekuatan, fleksibilitas, atau memori otot untuk bermain gitar. Hal itu mungkin menyulitkan karena Anda belum menguasai ketangkasan yang dibutuhkan untuk menavigasi fretboard dengan nyaman.

Aksi pada gitar listrik untuk pemula jauh lebih rendah. Gitar listrik memiliki senar yang lebih ringan, bodi yang lebih kecil, dan leher yang lebih tipis, sedangkan gitar akustik memiliki bodi yang lebih berat dan leher yang lebih tebal untuk menopang ketegangan senar yang lebih berat. Senar dan sentuhan yang lebih ringan membuat gitar listrik lebih mudah dimainkan.

Pengatur suara

Umumnya, bermain gitar listrik identik dengan kebisingan. Tetapi, pada kenyataannya, kenop volume juga dapat menurunkan volume! Tidak ada cara untuk mengecilkan suara gitar akustik, tetapi Anda dapat memainkan gitar listrik dengan volume rendah, atau dengan headphone.

Dengan gitar listrik, Anda juga memiliki rangkaian suara yang lebih luas, dengan efek yang bisa dipilih. Karena itu, gitar listrik relatif lebih serbaguna daripada gitar akustik.

Nah, sekarang Anda tahu perbedaan antara gitar listrik dengan akustik. Secara umum, memulai dengan gitar akustik lebih hemat biaya, menyederhanakan fokus pada teknik bermain, dan lebih baik dalam hal mobilitas dan aksesibilitas. Tetapi, dalam berbagai hal, gitar listrik dapat menyederhanakan proses pembelajaran.

Pilihan terbaik untuk para pemula seperti Anda lebih banyak bergantung pada preferensi musik. Jika  Anda masih ragu untuk memilih, sebaiknya tanyakan pada diri sendiri, jenis musik apa yang ingin Anda mainkan, dan suara gitar yang mana yang lebih Anda sukai. [*/Son]