Andre Rosiade Fasilitasi Wako Bukittinggi Bertemu Menteri Perdagangan, Bahas Pasar Bawah hingga Pasar Raya Padang

Penulis: Redaksi
|
Editor: Zulfikar

Berita Jakarta hari ini: Andre Rosaide dan Wako Bukittinggi bertemu Menteri Luthfi untuk membahas revitalisasi Pasar Bawah dan juga kelanjutan pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang.

Jakarta, Padangkita.com – Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade terus menunjukkan kepeduliannya terhadap Sumbar. Meskipun bukan berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar 1, Andre tak canggung membantu pembangunan di Dapil 2.

Bahkan, Andre Rosiade juga memfasilitasi Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bertemu Menteri Perdagangan, M Luthfi, Kamis (11/3/2021).

Dalam pertemuan itu mereka membahas revitalisasi Pasar Bawah Bukittinggi. Lalu, Andre juga memastikan renanca pembangunan kembali Pasar Raya Padang Fase VII yang didanai oleh pemerintah pusat.

“Hari ini saya memfasilitasi pertemuan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dengan Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, membicarakan revitalisasi Pasar Bawah yang kondisinya saat ini sangat memprihatinkan. Ini adalah satu bagian dari rencana kerja Wako Bukittnggi untuk warganya,” ujar Andre, Kamis (11/3/2021).

Dijelaskan Andre, bahwa Pasar Bawah adalah satu-satunya pasar di Bukittinggi yang menjual kebutuhan pokok masyarakat dengan sangat lengkap. Ada sekitar 1.900 pedagang yang menggantungkan hidupnya di pasar yang tak jauh dari Pasar Atas yang sudah sangat mewah tersebut.

“Kondisi Pasar Bawah sekarang sudah tidak layak huni, kerap tergenang air, karena posisinya berada di bawah saluran air. Revitalisasi pasar membutuhkan anggaran Rp409 miliar, dan kami meminta Kementerian Perdagangan untuk membantu,” ungkap Andre.

Tidak hanya itu, Andre Rosiade yang berasal dari Dapil Sumbar 1 itu juga mengingatkan Menteri Perdagangan untuk turut membantu pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang yang membutuhkan anggaran Rp170 miliar.

“Alhamdulillah, dua program ini direspon baik oleh Pak Menteri. Bahkan, sudah menjadwalkan akan ke Sumbar,” ucap Andre.

Lebih lanjut, dijelaskan Andre, pertemuannya dengan Menteri Perdagangan berjalan lancar dan sangat dekat. Meski Menteri sedang disibukan dengan rencana impor beras yang banyak mendapat penolakan.

Andre menilai, Menteri Luthfi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan segera berkunjung ke Sumbar untuK meninjau Pasar Bawah Bukittinggi dan Fase VII Pasar Raya Padang.

“Alhamdulillah dalam pertemuan sore tadi Menteri Perdagangan M. Luthfi menyampaikan akan segera berkunjung ke sUMBAR sebelum Ramadan atau tepatnya bulan April nanti, untuk mensurvei Pasar Raya Padang Fase VII dan Pasar Bawah Bukittinggi,” imbuhnya.

Andre mengatakan, pembangunan di Sumbar memang harus ditunjang oleh perhatian dan dana dari pemerintah pusat. Karena, Sumbar tidak memiliki anggaran yang memadai untuk pembangunan.

“Karena pembangunan pasar ini akan dibantu oleh Kementerian Perdagangan dan Kementerian PUPR, untuk itu Pak Menteri Perdagangan akan mengajak Menteri PUPR ke Sumbar,” kata Andre.

Sementara itu, Wako Erman Safar berterima kasih atas bantuan Andre Rosiade yang telah memfasilitasinya bertemu dengan Menteri Luthfi.

Dikatakan Erman, pembenahan Pasar Bawah menjadi salah satu janjinya untuk warga Bukittinggi. “Terima kasih Bang Andre Rosiade yang sangat mendukung kinerja kami untuk pembangunan Kota Bukittinggi,” ujar Erman Safar.

Lalu, Menteri M. Lutfi menyebutkan, pertemuan dengan Andre Rosiade dan Erman Safar untuk membicarakan rencana pembangunan Pasar Bawah agar lebih baik.

Baca juga: Penuhi Janji Kampanye, Wako Bukittinggi Erman Safar yang Diusung Gerindra Cabut Perwako 40 dan 41

Selain itu, juga kembali membicarakan rencana pembangunan Fase VII Pasar Raya Padang yang 2020 lalu sudah sempat dibahas. [adv/zfk]


Baca berita Jakarta hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler