Anda Penerima Bansos Tunai? Cek Link Berikut Ini

Penulis: Redaksi

Padangkita.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan penyaluran bantuan sosial (bansos) harus dimulai minggu ini. Masyarakat pun diminta membuka layanan di cekbansos.kemensos.go.id untuk mencari tahu daftar penerima bansos tunai (BST).

Jokowi juga meminta bansos yang dibagikan jangan sampai terlambat. Ada beberapa bantuan sosial yang akan dibagikan kepada masyarakat seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa.

“Saya minta jangan sampai terlambat, baik itu PKH (Program Keluarga Harapan), baik itu BLT (bantuan langsung tunai) desa, baik itu bantuan sosial tunai/BST, jangan ada yang terlambat, dan yang paling penting lagi adalah bantuan beras, bantuan sembako. Minggu ini harus keluar,” katanya di YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/7/2021) kemarin.

Klik cekbansos.kemensos.go.id untuk mendapat Rp 600 ribu sebagai penyaluran bulan Mei-Juni sekaligus. Penerima juga akan mendapat tambahan beras sebanyak 10 kilogram (kg).

Beras sebanyak 10 kg tersebut akan disalurkan melalui Perum Badan Urusan Logistik (BULOG) yang jaringannya sudah mencapai seluruh wilayah Indonesia.

Berikut cara cek bansos tunai melalui cekbansos.kemensos.go.id:

  1. Kunjungi website https://cekbansos.kemensos.go.id
  2. Isi data provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat Anda tinggal
  3. Ketik nama Anda sesuai KTP
  4. Masukkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode
  5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru
  6.  Lalu klik tombol cari

Baca Juga: Rincian Penerima Bansos di Kota Padang: PKH 18.204 KK, Program Sembako 37.670 KK, dan BST 28.564 KK

Demikian cara cek bansos tunai melalui cekbansos.kemensos.go.id. Sedangkan untuk penyaluran bansosnya sendiri dilakukan melalui PT Pos Indonesia, sedangkan PKH akan disalurkan melalui Himpunan Bank-bank Negara (Himbara), serta beras melalui Perum BULOG. [*/abe]

Terpopuler