Aksi Kemanusiaan, Semen Padang Gelar Donor Darah

Padang, Padangkita.com – PT Semen Padang menggelar kegiatan aksi donor darah. Acara berlangsung di Gedung Serba Guna PT Semen Padang, Rabu (10/8/2022).

Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati mengatakan, aksi kemanusiaan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI.

“Kegiatan donor darah ini kita paskan momennya dengan HUT ke-77 RI. Donor ini terbuka untuk umum, tidak hanya PT Semen Padang Grup dan keluarga,” ujarnya.

Dia menuturkan, kegiatan Donor darah rutin digelar oleh PT Semen Padang untuk membantu menambah ketersediaan jumlah kantong darah di Palang Merah Indonesia (PMI).

“Dua bulan lagi juga akan dilaksanakan. Ini karena kebutuhan darah di Kota Padang cukup tinggi dan untuk mendukung PMI dalam kebutuhan darah yang cukup tinggi di Kota Padang,” jelasnya.

Dokter Dian Asmareta selaku Kepala Bagian Rekrutmen dan Pelayanan Donor Darah di Unit Transfusi Darah PMI Padang, mengatakan, sebanyak 259 kantong darah terkumpul dalam aksi donor darah itu.

“Bagi kita di PMI, aksi donor darah yang dilakukan oleh PT Semen Padang ini sangat membantu stok darah,” ujarnya.

Dia menjelaskan, kebutuhan darah di PMI Padang mencapai 100 hingga 180 kantong per hari. “Kebutuhan itu dari berbagai macam, mulai dari kecelakaan, melahirkan, dan lain-lain,” katanya.

Dia berharap, semua pihak yang ingin melakukan donor darah tidak perlu ragu dan takut. “Dan jika ingin melakukan donor darah bisa datang langsung ke kantor PMI dengan jam layanan dari pukul 08.00 sampai 21.00 WIB,” ungkapnya.

Direktur Keuangan dan Umum Perseroan PT Semen Padang, Oktoweri juga ikut donor darah pada kegiatan itu. Dia sudah donor darah sejak 2010.

“Kemanusiaan alasan kuat saya melakukan donor kala itu. Setelah yang pertama itu, alhamdulillah berlanjut donor sampai saat ini di PT Semen Padang jika ada kegiatan,” sebutnya.

Selain kemanusiaan, susahnya mendapatkan darah pada siatuasi tertentu menyebabkan Oktoweri melakukan donor darah secara rutin hingga hari ini. “Jadi saya pikir stok darah itu harus selalu ada saat dibutuhkan,” jelasnya.

Setelah melakukan donor darah pertamanya, Oktoweri merasakan efek baik bagi tubuhnya.

Baca Juga: Perlancar Distribusi Hasil Bumi di Bukit Aua Limau Manis, Semen Padang Dukung Pengecoran Jalan Sepanjang 1 Kilometer

“Badan lebih segar dan sehat. Dalam penelitian juga disebut bahwa badan yang melakukan donor darah lebih sehat, dan alhamdulillah saya merasakan itu,” terangnya. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist