Berita

Perlancar Distribusi Hasil Bumi di Bukit Aua Limau Manis, Semen Padang Dukung Pengecoran Jalan Sepanjang 1 Kilometer

×

Perlancar Distribusi Hasil Bumi di Bukit Aua Limau Manis, Semen Padang Dukung Pengecoran Jalan Sepanjang 1 Kilometer

Sebarkan artikel ini
Warga gotong-royong mengecor jalan di kawasan Bukit Aua Limau Manis, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Padang, Minggu (7/8/2022). Pembangunan jalan itu dibantu oleh PT Semen Padang. [Foto: Humas PT Semen Padang]

Padang, Padangkita.com – PT Semen Padang mendukung pengecoran jalan sepanjang satu kilometer lebih dengan lebar 1,5 meter di kawasan Bukit Aua Limau Manis, Kelurahan Limau Manis, Kecamatan Pauh, Padang.

Hal tersebut sebagai wujud komitmen PT Semen Padang dalam menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berorientasi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

Kepala Departemen Komunikasi dan Hukum Perusahaan PT Semen Padang, Iskandar Z Lubis mengatakan, ada 200 sak semen yang disalurkan pihaknya untuk pengecoran jalan itu, dan dilakukan secara bertahap.

Dia mengapresiasi masyarakat Limau Manis yang secara swadaya bergotong-royong dalam pengecoran jalan Bukit Aua. Bahkan, jumlah masyarakat yang ikut bergotong-royong mencapai ratusan orang.

“Ini luar biasa sekali semangatnya. Kami salut dengan kekompakan masyarakat Limau Manis untuk bergotong-royong. Ini harus dipertahankan. Apalagi budaya gotong-royong sudah menjadi kearifan lokal masyarakat Limau Manis,” ujarnya, Senin (8/8/2022).

Kepala Unit CSR PT Semen Padang, Rinold Thamrin, yang turut berbaur bersama sejumlah stafnya pada gotong-royong pengecoran jalan di Bukit Aua yang digelar pada Minggu (7/8/2022) kemarin, juga mengungkapkan hal serupa.

Menurutnya, peserta gotong-royong pengecoran jalan tersebut tidak hanya dari kalangan bapak-bapak, tetapi juga ibu-ibu yang bersemangat menyediakan kebutuhan makan siang, snack dan sebagainya.

“Kami bangga dengan apa yang dilakukan masyarakat Limau Manis. Maka dari itulah PT Semen Padang melalui program TJSL akan terus berdiri di depan untuk mendukung kelancaran pengecoran jalan di kawasan Bukit Aua,” kata Rinold.

Rinold menyebut, ada beberapa alasan kenapa PT Semen Padang komitmen untuk mendukung kelancaran pengecoran jalan di kawasan Bukit Aua. Pertama, karena pengecoran jalan tersebut merupakan inisiatif dan swadaya masyarakat.

Kedua, jalan yang dicor atau dibetonisasi bertujuan untuk membuka atau mempermudah akses para peladang di Bukit Aua, yang tentunya dapat mempelancar transportasi dan pendistribusian hasil bumi di Bukit Aua.

Kemudian yang ketiga, infrastruktur jalan merupakan hal paling mendasar bagi para peladang Bukit Aua yang jumlahnya ratusan orang dan mayoritas peladangnya adalah masyarakat Nagari Limau Manis yang merupakan bagian dari masyarakat lingkungan PT Semen Padang.

Menurut Rinold, jika infrastruktur tidak diperbaiki, maka para peladang tidak akan mendapatkan hasil panen yang maksimal. Jika saat musim buah-buahan tiba seperti musim durian dan manggis yang merupakan komoditi utama di Bukit Aua ini.

“Mudah-mudahan setelah jalan ini selesai dibetonisasi, akses masyarakat untuk mendistribusikan hasil ladangnya ke pasaran menjadi mudah. Minimal, bisa dilalui kendaraan roda dua, sehingga para peladang bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal,” ujarnya.

Tokoh masyarakat Limau Manis, Donal Ardi mengapresiasi PT Semen Padang yang telah mendukung masyarakat Limau Manis untuk pengecoran jalan di kawasan Bukit Aua. Apalagi, sebut Donal, dukungan tersebut tidak hanya berupa semen, tapi juga moril.

Baca Juga: Dukung Industri Hijau, Tim Inovasi Semen Padang Sukses Efisiensi Bahan Kimia hingga 94 Persen

“Terima kasih PT Semen Padang atas bantuan semennya, ditambah lagi dukungan moril dari Pak Rinold Thamrin dan jajarannya yang sengaja datang untuk melihat aktifitas gotong-royong masyarakat Limau Manis,” kata Donald Ardi, yang juga anggota DPRD Padang. [fru]