Akademi SPFC Seleksi Puluhan Pemain Muda, Sasar Tim Utama dan Timnas Indonesia

Penulis: Muhammad Aidil

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Semen Padang FC menyeleksi 40 pemain yang untuk menjadi bagian tim Akademi SPFC.

Padang, Padangkita.com – Semen Padang FC (SPFC) menyeleksi 40 pemain yang untuk menjadi bagian tim Akademi SPFC. Seleksi ini merupakan tindak lanjut dari proses pemantauan bakat yang dilakukan pada turnamen Piala Katapolos beberapa waktu lalu.

Seleksi tersebut dilakukan pada hari ini, Minggu (14/2/2021). Proses seleksi yang dilaksanakan di lapangan latihan tim SPFC, Kompleks Mess Indarung tersebut dilakukan oleh tim pencari bakat SPFC, Pelatih Welliansyah dan Hendra Susilo bersama Pelatih Kepala Akademi SPFC, Hengki Ardiles.

“Sebanyak 40 pemain yang akan kami jaring dan bertujuan untuk pembentukan tim Akademi SPFC. Pemain yang datang saat ini merupakan hasil dari pantauan tim pelatih,” kata Koordinator Akademi SPFC, Akhmayanda Nasution, Senin (15/2/2021).

Adapun pemain yang berhasil terjaring, kata Yanda, berasal dari berbagai daerah di Sumatra Barat (Sumbar) seperti Payakumbuh, Tanah Datar, Sijunjung dan Padang. Nantinya para pemain tersebut akan menjalani latihan rutin tim Akademi SPFC.

“Sesuai dengan komitmen kami dan manajemen, kami ingin membangun academy tim yang akan melahirkan pemain yang nantinya akan menjadi cikal bakal pemain senior SPFC,” ujarnya.

Ia menyebut, seleksi yang dilakukan menjadi tahap awal untuk beberapa rangkaian yang akan berjalan sampai beberapa waktu ke depan. Selain itu, Yanda mengeklaim Academi SPFC juga akan berafiliasi langsung dengan program dari FIFA.

“Kami selalu konsisten memiliki Academi sejak SPFC Pratama dulu. Terakhir akademi kami berlaga di ajang Elite Pro Academy (EPA) 2019 di tingkat U-16, U-18 dan U-20. Kami juga menginginkan pemain ini bisa mampu menembus skuad Timnas Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelatih Kepala Akademi SPFC, Hengki Ardiles mengatakan dari hasil pantuan tim pelatih yang melakukan seleksi tahap awal ini ada beberapa pemain yang sudah terpilih untuk mengisi slot pemain.

“Kami masih menunggu keputusan manajemen berapa pemain yang dibutuhkan,” kata Hengki.

Terpisah, tim pencari bakat Akademi SPFC, Hendra Susilo mengatakan, pihaknya melihat ada sekitar enam hingga tujuh pemain yang memiliki kualitas bagus.

“Bisa saja bertambah menjadi 11 hingga 13 pemain, sehingga nanti akan muncul Genta Alparedo yang baru,” ujarnya.

Hal senada juga sampaikan Pelatih Weliansyah. Welly, begitu dia akrab disapa berharap di masa depan tim SPFC akan dihuni lebih banyak putra-putra terbaik dari Ranah Minang.

Baca juga: Manajemen Semen Padang FC Angkat Suara Terkait Pembatalan Kompetisi Liga 1 dan 2 Musim 2020

“Semua pemain ini adalah talenta berbakat dan potensial, karena sudah banyak pemain-pemain yang lahir dari akademi kami kita seperti, Leo, Rendi, Firza yang mampu menembus tim senior,” imbuhnya. [pkt]


Baca berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist