Ada Jejak Harimau di Pematang Sawah di Akabiluru, Warga Berencana Buat Program Khusus

Penulis: Fuadi Zikri

Sarilamak, Padangkita.com – Seorang warga Jorong Batu Ampa, Nagari Pauh Sangik, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota menemukan jejak harimau di pematang sawah, Rabu (17/11/2021).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar), Ardi Andono mengatakan, pihaknya telah mendatangi lokasi untuk memverifikasi dan mengidentifikasi penemuan jejak tersebut.

“Di lokasi tim kita memang menemukan adanya jejak harimau berdiameter sekitar 13 sentimeter di areal persawahan,” ujar Ardi, Jumat (19/11/2021).

Ardi mengungkapkan, kondisi dan keadaan di lokasi hingga kini masih aman. Menurut masyarakat di lokasi, harimau tersebut tidak pernah menampakkan diri ke masyarakat sekitar atau memangsa ternak.

Meski begitu, menurut Ardi, masyarakat setempat dan perangkat nagari cukup antusias dalam penanganan satwa langka dan dilindungi ini. Mereka berharap ada diskusi lebih lanjut terkait hal tersebut.

Bahkan, Ardi menyebut, pemerintah nagari setempat akan membuat sebuah program untuk mendukung kelestarian harimau sumatra di Nagari Pauh Sangik agar dapat didanai melalui dana nagari.

Baca juga: Ada Nagari Ramah Harimau di Agam, BKSDA Bentuk Tim Pagari

“Untuk waktu dekat wali nagari akan memfasilitasi pertemuan intensif terkait harimau sumatra,” sebutnya. [mfz/pkt]

 

Terpopuler

Add New Playlist