Ada 90 ODP Virus Corona di Tanah Datar, Gugus Tugas: Tingkatkan Waspada

Penulis: Mentari Tryana

Batusangkar, Padangkita.com – Gugus Tugas Penanganan virus corona Kabupaten Tanah Datar mengimbau masyarakat Tanah Datar untuk terus meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi dan menekan penyebaran virus tersebut.

Juru bicara Gugus Tugas Roza Mardiah menyebut bahwa hal tersebut harus dilakukan mengingat jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) yang terus meningkat sejak Komando Tanggap Darurat Bencana penanganan Corona Virus Disease (Covid 19) tersebut dibentuk.

Hingga Rabu (25/3/2020) tercatat sebanyak 90 ODP di Kabupaten Tanah Datar, peningkatan terjadi setelah beberapa warga yang baru datang dari luar daerah secara mandiri melaporkan dirinya ke puskesmas atau RS setempat.

“Kamis 19 Maret lalu, ada 20 kasus ODP dengan 1 PDP, namun saat ini (Rabu-red) sudah meningkat menjadi 90 orang ODP,” ujar Roza dilansir dari laman resmi Pemkab Tanah Datar.

Baca juga: Dampak Corona, Pilwana Serentak Tanah Datar Ditunda

Roza menyebut ODP ditetapkan berdasarkan protokol kesehatan bagi mereka yang memiliki salah satu dari gejala covid-19, memiliki riwayat perjalanan dari daerah terkonfirmasi Covid-19 atau kontak dengan orang yang memiliki riwayat yang sama.

Sementara itu, terdapat 3 Pasien dalam Pemeriksaan (PDP) di Kabupaten Tanah Datar yang sudah ditangani di salah satu rumah sakit rujukan virus corona Sumbar, yaitu RSUD Ahmad Muchtar Bukittinggi.

“3 orang PDP, 2 sudah ditangani di RSUD Ahmad Muchtar Bukittinggi dan 1 yang baru akan dirujuk, sampai saat kemarin masih belum ada yang dinyatakan positif terkena Covid 19,” ujarnya.

Roza mengatakan peningkatan jumlah ODP tersebut di satu sisi justru menunjukkan kesadaran masyarakat memeriksakan diri dan sisi lain kewaspadaan seluruh masyarakat terhadap penyebaran Covid-19 harus semakin ditingkatkan dengan proteksi diri dan social distancing.

Di saat bersamaan, Kabag Operasional (Ops) Polres Tanah Datar Kompol Ischak menyebut agar tim edukasi dan sosialisasi juga mempercepat dan memperluas pengarahannya tentang Covid-19 kepada masyarakat hingga daerah-daerah yang belum dikunjungi.

“Sehingga diharapkan masyarakat bisa lebih waspada terhadap pandemi yang melanda kita saat ini,” kata Ischak.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk menindaklanjuti himbauan secara serius dan nyata sebagai bentuk menyayangi keluarga anda. [*/try]


Baca berita Tanah Datar dan Corona Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com