7 Bus Terkenal Paling Cepat di Sumatra, Nomor 1 Sopirnya Punya Skill Dewa!

Penulis: Isran Bastian

5. Bus Putra Pelangi

Bus Putra Pelangi. [Foto: Tangkapan Layar YouTube/Taufik RS]
Bus Putra Pelangi merupakan bus milik perusahaan Putra Pelangi Perkasa yang melayani beberapa jurusan ke beberapa wilayah di Pulau Sumatra, bahkan hingga ke Pulau Jawa. Beberapa rute di antaranya, Jakarta, Bogor dan Bandung, menuju ke beberapa daerah di Sumatra seperti Jambi, Pekanbaru, Medan dan Banda Aceh.

Soal adu kecepatan, perusahaan otobus yang melayani rute terpanjang di Indonesia ini tidak mau kalah dengan bus-bus lintas Sumatra lainnya. Jadi kita anda ingin merasakan naik bus dengan sensasi berbeda, maka bus Putra Pelangi ini patut anda coba.

4. Bus Makmur & Halmahera

Bus Makmur & Halmahera. [Foto: Tangkapan Layar YouTube/Taufik RS]
Di urutan nomor 4 ada Bus Makmur & Halmahera. Bus ini sering dijuluki sebagai rajanya rute Medan – Pekanbaru, apalagi untuk bus malamnya yang non AC. Ketenaran seluruh armadanya khususnya PO Makmur. Ketenaran armadanya bahkan sudah hafal oleh banyak warga Riau dan Medan.

Selain terkenal dengan kemewahannya, dua bus ini juga dikenal dengan kecepatannya yang di atas rata-rata. super eksekutif, royal ac, patas, non ac hingga kelas ekonomi toilet.

Sementara itu untuk Halmahera yang juga merupakan saudara kandung bus Makmur, diketahui juga merangkai cerita yang sama soal kecepatan. Bahkan masyarakat kerap menjulukinya dengan sebutan king of Medan – PKU.

3. Bus Intra

Bus Intra. [Foto: Tangkapan Layar YouTube/Taufik RS]
Di posisi 3 untuk rekomendasi bus dengan kecepatan di atas rata-rata Pulau Sumatra ada Bus Intra. PO Bus Intra merupakan perusahan yang berdiri sejak tahun 1995 di Pematang, Sumut. Pada awalnya bus ini hanya melayani trayek Medan – Siantar, dengan jarak tempuh sekitar 126 Km saja.

Keunggulan dari PO ini adalah menembus rute Medan – Siantar dalam waktu 2 jam saja. Padahal pada saat ini bus lainnya membutuhkan waktu 2,5 jam hingga 3 jam, bahkan ada yang lebih dari itu.

Selain itu, bus ini juga digadang-gadang sebagai bus tercepat untuk rute Pekanbaru – Siantar, yang bisa dilahap cuma 10 jam saja.

2. Bus Medan Jaya

Bus Medan Jaya. [Foto: Tangkapan Layar YouTube/Taufik RS]
Bus Medan Jaya merupakan PO bus yang berasal dari Kota Medan, Sumut. Bus ini melayani sejumlah trayek, yakni Medan – Jakarta serta berbagai daerah dari Medan menuju berbagai provinsi di Sumatra.

Bus Medan Jaya sering dijuluki dengan sebutan ‘Sang peluru dari Medan’, dengan jarak pendeknya dari Pekanbaru menuju Medan. Berdasarkan pengalaman dari sejumlah penumpang, lintas padat Pekanbaru – Medan bisa dilahap dengan waktu cuma 12 jam saja.

Nah jika kamu ingin naik bus dengan kecepatan di atas rata-rata, bus ini cocok kamu coba naiki.

1. Bus ALS

Bus ALS. [Foto: Tangkapan Layar YouTube/Taufik RS]
Nah, pada posisi nomor 1 soal kecepatan ada Bus ALS yang merupakan singkatan dari nama ‘Antar Lintas Sumatra’. ALS pantas menempati urutan pertama karena terkenal ‘nekat’ dan paling legendaris untuk bus trayek lintas Sumatra.

Bus kebanggaan masyarakat Medan ini bisa menjadi rekomendasi kamu yang ingin cepat sampai ke tujuan karena kecepatannya di atas rata-rata.

Diketahui, ALS merupakan salah satu PO bus tertua di Sumatra yang sudah ada sejak tahun 1966. ALS tergolong dalam bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang melayani rute terjauh di Indonesia, yaitu rute dari Medan hingga melintasi Jember, Jawa Timur dengan jarak kurang lebih 2.900 Km dan memakan waktu sekitar 100 jam perjalanan.

Baca Juga: Sensasi Naik Bus Besar Rute Ujung Timur Indonesia, Indah Seperti di Luar Negeri!

Tak kalah dengan sopir bus lainnya di Sumatra, sopir Bus ALS terkenal bisa ngebut di jalan dengan berbagai kondisi, bahkan di jalan berkelok-kelok tajam sekalipun.

Nah, itulah 7 bus yang terkenal paling cepat di Sumatra. Bagi kamu yang penasaran bisa langsung mencoba naik bus-bus tersebut. [isr]

 

*) BACA informasi pilihan lainnya dari Padangkita di Google News

Terpopuler

No Content Available

Add New Playlist