7 Amalan Sunah Hari Jumat yang Dianjurkan untuk Umat Islam

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Pada hari Jum’at, seluruh umat muslim laki-laki diwajibkan untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat di Masjid. Namun selain salat Jumat, ada juga amalan-amalan sunnah di hari Jumat yang sebaiknya dilakukan.

Amalan hari Jumat merupakan amalan yang memiliki keutamaan tersendiri, di mana dalam banyak riwayat dikatakan tentang keutamaan hari Jumat ini. Amalan-amalan yang dilakukan pada hari Jumat bernilai tinggi di sisi Allah SWT.

Baca Juga

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui apa saja amalan sunnah di hari Jumat.

1. Membaca Surat Al-Kahfi

Membaca Surat Al-Kahfi merupakan salah satu amalan sunnah di hari Jumat yang sangat luar biasa.

“Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Kabah.” (HR. Ad-Darimi)

Dalam riwayat lain juga dikatakan, bahwa pahala membaca surat Al Kahfi akan disinari oleh cahaya (mendapatkan kebaikan) di antara dua Jum’at.

2. Membaca Surat As-Sajadah dan Surat Al-Insan

Rasulullah SAW biasa membaca surat tertentu pada hari Jum’at. Di antaranya adalah adalah surat A-Sajadah dan surat Al-Insan. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca pada sholat Subuh pada hari Jum’at “Alam Tanzil …” (surat As-Sajdah) pada raka’at pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (surat Al-Insan) pada raka’at kedua” (HR.Muslim nomor 880).

3. Memperbanyak Dzikir dan Doa

Dzikir adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengingat Allah, dan kita diperintahkan untuk banyak-banyak mengingat Allah dengan berdzikir kepada-Nya di hari Jum’at.

“Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk sholat pada hari Jum’at, maka bersegeralah mengingat Allah SWT”. (QS.Al-Jumu’ah: 9).

Seperti dalam hadits dari Abu Hurairah radiyallahu anhu, Nabi Muhammad SAW juga menyebut hari Jum’at kemudian berkata, “Di hari Jum’at terdapat satu waktu yang jika seorang muslim melakukan sholat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah SWT niscaya permintaannya akan dikabulkan”.

Lalu beliau memberikan isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikit waktu itu. (HR.Bukhari dan Muslim).

Sedikit waktu yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah detik terakhir di hari Jum’at, yaitu menjelang Maghrib.

4. Memperbanyak Sholawat

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku. Kemudian para sahabat berkata,

“Bagaiamana ditunjukkan kepadamu sedekahkan engkau telah menjadi tanah?”. Lalu Nabi bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT mengharumkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (HR.Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa-i).

5. Mandi dan Membersihkan Diri di Hari Jumat

Meskipun setiap hari kita dianjurkan untuk mandi, namun di hari Jumat ada sunnah untuk mandi sebelum Jumat. Seperti dalam hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at maka ia mandi seperti mandi janabah.“ (HR.Bukhari dan Muslim).

6. Memakai Pakaian Terbaik dan Wewangian

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ”Wajib bagi kalian untuk membeli 2 buah pakaian untuk sholat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja. “(HR.Abu Dawud dan Ibnu Majah dinilai shahih oleh Al Albani).

Sementara anjuran untuk menggunakan wewangian, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi lalu berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu sholat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at sampai Jum’at berikutnya“. (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Menyegarakan ke masjid

Selain beberapa amalan sunnah di hari Jumat seperti yang telah disebutkan di atas, ada salah satu amalan lain yang tidak kalah pentingnya. Yaitu menyegerakan untuk datang ke masjid. Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju shalat Jumat dan tidur siang setelah shalat Jumat”. (HR. Bukhari). [*/try]


Baca berita terbaru hanya di Padangkita.com

Terpopuler

Add New Playlist