5 Kebiasaan Unik Orang Indonesia yang Aneh Buat Bule Terheran-heran

Penulis: Redaksi

Padang, Padangkita – Tiap negara dan bangsa punya budaya dan kebiasaan masing-masing. Begitu pula Indonesia yang punya ragam budaya dan kebiasaan yang unik.

Itu pula yang menjadi daya tarik Indonesia di mata orang luar. Ada beberapa kebiasaan warga negara ini yang membuat orang bule—sebutan untuk orang luar negeri—terheran-heran. Berikut lima di antaranya:

Makan menggunakan tangan

Bagi orang pribumi, makan menggunakan tangan sambil duduk dilantai memiliki kenikmatan tersendiri. Bagi orang asing yang datang berkunjung dan melihat kebiasaan ini untuk pertama kalinya, mereka akan jijik dan kadang kehilangan selera makan. Tapi karena mereka terlalu sopan, mereka tidak akan mengatakan tersebut. Namun, sebagian besar hanya akan mengikuti budaya yang ada dan malah ikut mencoba makan memnggunakan tangan. Nah, pastikan tamu asing anda tidak keberatan dengan kebiasan anda dengan bertanya terlebih dahulu. Jangan memaksakan budaya kita pada orang lain. Akan indah bila kita saling menghargai budaya masing-masing.

Ke supermarket memakai baju tidur

Baju tidur memanglah sangat nyaman. Daster atau setelan baju tidur menjadi andalan utama kaum ibu-ibu. Terutama bagi kaum berdaster, daster bisa jadi baju untuk segala acara kecuali resepsi pernikahan dengan sedikit modifikasi. Nah, bagi bule hal ini akan menjadi pemandangan aneh. Sebab dinegara mereka, saat keluar rumah, mereka akan mengganti pakaian rumah mereka dengan baju casual  seperti paduan kaos dengan jeans, dan lain sebagainya.

Toilet jongkok

Orang asing menyebut toilet jongkok sebagai jamban trafisional. Terlepas dari sejarahnya, toilet ini memanglah sangat nyaman. Bagi orang Indonesia yang terbiasa dengan toilet jongkpk, mereka akan kesulitan buang air di toilet duduk dan memilih mencari kamar mandi dengan toilet jongkok terdekat.
Nah bagi bule yang terbiasa dengan toilet duduk, mereka juga akan mengalami kesulitan menggunakan toilet jongkok. Apalagi dengan ukuran tinggi badan yang mereka miliki.

Jet showerdi toilet
Masyarakat eropa umumnya akan menggunakan kertas tissue toilet atau tisu gulung untuk cebok. Jet shower bagi mereka bukanlah hal yang lain digunakan. Namun, banyak dari mereka yang jatuh cinta dengan teknologi ini danengadopsinya saat kembali ke negara mereka.

Naik motor bonceng 5

Naik motor bonceng 5? Bonceng 3 saja sudah merupakan hal yang luar biasa di luar negeri. Ini, bonceng 5 dan kesemuanya tidak menggunakan helm. Plus, dengan kecepatan maksimum pula.

Baca juga: Pembeli Protes karena Pakai Bungkus Daun Pisang, Ini Penjelasan Sejarawan Soal Asal Usul Nasi Padang

Bisa dibayangkan bagaimana terkagum-kagumnya mereka melihat kebiasaan serta kemampuan warga Indonesia mengendarai motor. (*/TI/pkt)

Terpopuler

Add New Playlist