Upaya Atasi Banjir, Warga Kurao Relakan Lahan untuk Bangun Drainase

Camat Nanggalo Teddy Antonius meninjau lokasi pembangunan drainase bersama pemuka masyarakat Pagang Dalam, Kurao Pagang. (foto; humas)

Padangkita.com – Dalam upaya mengatasi banjir di kelurahan Kurao Padang, warga kampung Pagang Dalam mengibahkan lahan mereka untuk pembangunan drainase.

Camat Nanggalo Teddy Antonius mengatakan warga sangat mendukung pembangunan drainase sepanjang 800 meter yang akan dimulai melalui kegiatan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tersebut.

“Warga sangat mendukung pembuatan drainase ini sepanjang. Pembangunannya dilaksanakan melalui program Kotaku dengan anggaran 500 juta,” katanya.

Dia menambahkan bahwa lahan yang terpakai untuk pembangunan drainase murni swadaya dari masyarakat. Termasuk juga pengerjaannya.

“Untuk pengerjaannya nanti juga dilaksanakan dengan swadaya masyarakat melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM),” jelasnya.

Camat Teddy menyampaikan terima kasih kepada warga yang telah mendukung pembangunan drainase yang berfungsi untuk mengatasi genangan air dan banjir itu. “Terimakasih kepada warga yang berpartisipasi dalam pembangunan,” ucap Teddy.

Saat peninjauan lokasi pembangunan drainase di Pagang Dalam ini, Camat Nanggalo didampingi Lurah Kurao Pagang Nasril, anggota Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Saiyao Sakato Kurao Pagang Zurwan, Firman, Azwar dan Firman serta Ketua Karang Taruna Nanggalo Abdillah.

Sementara itu, Desi Syahril, warga setempat mengungkapkan adanya pembangunan drainase ini selain akan mengatasi banjir juga menambah nilai dari kampung tersebut. Dampaknya nanti kehidupan ekonomi bisa lebih baik lagi.

“Kami mendukung pembangunan, makanya kami merelakan tanah dan tanaman kami. Karena pembangunan ini dari awak untuk awak,” tutur Desi.

Ia juga berharap setelah pembangunan drainase ini agar dilanjutkan dengan perbaikan jalan sehingga mempermudah akses warga seperti dilansir dari humas, Kamis (07/09/2017).

Baca juga:
Banjir Besar dan Pembangunan Kanal di Padang 1911