Tumpahan Solar Kembali Cemari Teluk Bayur Padang

Petugas sedang memantau tumpahan solar yang mencemari dermaga di teluk Bayur (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Solar atau High Speed Diesel (HSD) tumpah di kawasan dermaga Teluk Bayur, Padang, Kamis (12/10/2017). Tumpahan tersebut mencemari beberapa titik di pinggiran Dermaga Teluk Bayur, tepatnya di Dermaga 6.

Dari pantauan Padangkita di dermaga 6 pelabuhan teluk bayur, tumpahan solar terlihat mengapung di sejumlah titik dan menghitam, di sekitar dermaga.

Kolonel Laut, Yus K Usmany, Kepala KSOP Teluk Bayur mengatakan laporan mengenai adanya tumpahan High Speed Diesel atau solar tersebut diperoleh sekira pukul 03.00 WIB dini hari tadi.

“Informasinya kita dapatkan jan 03.00 WIB,” katanya kepada wartawan, Kamis (12/10/2017).

Dia menambahkan belum mengetahui dari mana asal tumpahan solar tersebut berasal. Pihaknya pun hingga saat ini masih melakukan penyelidikan mengani hal tersebut.

“Kami masih menyelidiki dan mencari tau siapa pelaku pencemaran itu,” lanjutnya.

Menurutnya, meski tidak dalam jumlah banyak namun tetap saja solar tersebut mencemari laut.

Selain mencari tahu penyebab dan asal dari tumpahan solar tersebut lanjutnya, KSOP juga tengah berupaya memastikan berapa jumlah pasti yang tumpah di lokasi Dermaga 6 tersebut.

“Berapa banyak jumlah pasti yang tumpah belum diketahui, masih diselidiki,”tutupnya.

Sebelumnya, Sedikitnya 3 ribu ton minyak sawit mentah (CPO) tumpah ke perairan Teluk Bayur pada Kamis (28/9) siang.

Insiden ini terjadi lantaran tangki timbun milik PT Wira Inno Mas mengalami kebocoran yang diduga akibat tekanan tangki yang terlampau tinggi.

(Aidil Sikumbang)

BAGIKAN