Tarawih Perdana, Masjid di Padang Sesak

Suasana shalat tarawih pertama di Mesjid Raya Sumatera Barat, Jumat (26/5/2017). (Foto: Aidil Sikumbang)

Padangkita.com – Masyarakat kota Padang memulai ibadah shalat tarawih dan witir di sejumlah mesjid dan mushala malam tadi, Jumat (27/05/2017).

Mesjid dan mushala penuh sesak oleh masyarakat yang ingin menunaikan ibadah yang dilaksanakan dalam satu tahun sekali tersebut.

Zanakir, warga Padang mengatakan kebahagiaannya dalam menyambut Ramadan kali ini. Apalagi pelaksanaan Ramadan tahun ini berjalan serentak se Indonesia.

“Kita berharap Ramadan dan lebaran bisa serentak terus biar semakin meriah,” katanya kepada Padangkita.com, Jumat (27/05/2017).

Dari pantauan padangkita.com, mesjid yang menjadi primadona untuk melaksanakan ibadah shalat tarawih kali ini adalah mesjid raya Sumatera Barat.

Ribuan orang terpantau memenuhi mesjid terbesar di kota Padang untuk beribadah. Selain itu mesjid ini menjadi favorit warga karena suasananya nyaman dan interiornya indah.

Pemerintah menetapkan ramadan tahun ini atau 1 Ramadan 1438 Hijriah jatuh pada Sabtu (27/5/2017), setelah menerima laporan sejumlah daerah yang melihat hilal.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang memimpin sidang isbat mengatakan mendapat laporan pemantauan hilal dari beberapa daerah, sehingga ditetapkan awal ramadan pada esok hari.

“Setidaknya ada empat titik (hilal terlihat). Kami mendapatkan laporan dari NTT, Sulut, Jatim, dan Kepulauan Seribu,” katanya usai sidang isbat, Jumat (26/5/2017).

Sidang tersebut diikuti perwakilan dari PBNU, PP Muhammadiyah, MUI, Komisi VIII DPR dan imam besar Istiqlal Nasaruddin Umar. (Aidil Sikumbang)