Presiden Ajukan Perry Warjiyo Jadi Calon Tunggal Gubernur BI

Presiden Jokowi dan Ibu (Foto: Setkab)

Padangkita.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui telah mengajukan nama Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo untuk menggantikan Agus Martowardojo sebagai Gubernur BI. Agus Martowardoyo sebentar lagi akan habis masa jabatannya.

Surat pengajuan Perry sudah dikirimkan Presiden ke pimpinan DPR RI. Presiden Joko Widodo mengaku, memilih Perry karena alasan pengalaman, rekam jejak, prestasi, serta penguasaan lapangan.

“Sudah kita kirimkan ke DPR, coba sekarang ditanyakan ke DPR. Sudah tak kirimkan hanya satu nama Pak Perry Warjiyo,” kata Presiden Jokowi, Selasa (27/2) pagi.

“Saya kira beliau adalah Deputi yang paling senior. Sudah ngerti lah perjalanan mengenai moneter, mengenai inflasi, mengenai kebijakan-kebijakan di Bank Indonesia, Bank Sentral kita. Saya kira penguasaan Pak Perry Warjiyo tidak perlu diragukan,” lanjut Jokowi dikutip dari setkab, Selasa (27/02/2018).

Sementara itu, anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun menyatakan, Surat Presiden soal calon Gubernur BI sudah diterima oleh DPR.

Menurut Misbakhun, surat tersebut itu akan dibacakan di Rapat Paripurna DPR lalu dibahas di Badan Musyawarah (Bamus). Bamus lalu menugaskan Komisi XI guna melakukan uji kepatutan dan kelayakan.

Baca juga:
Dari Target 300, Baru 30 Gerai "Minang Mart" yang Beroperasi