Pessel Butuh Penambahan Areal Peremajaan Kelapa Sawit

Kebun sawit.
Sumber Foto: http://paspimonitor.or.id/

Padangkita.com – Pejabat Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyebutkan daerah itu masih membutuhkan penambahan areal peremajaan tanaman kelapa sawit sebagai upaya untuk memperbaiki tanaman kelapa sawit setempat.

“Tahun ini seluas 1.630 hektare tanaman kelapa sawit di Pesisir Selatan akan diremajakan,” kata Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan setempat, Andi Masri dikutip dari pesisirselatankab, Selasa (02/20/2018).

Kendati demikian ungkapnya, masih terdapat sekitar 21 ribu hektare lagi yang perlu diremajakan, tanaman itu telah berumur diatas 20 tahun, produktivitasnya rendah serta tanamannya berasal dari kecambah yang tidak bersertifikat

Ia menambahkan, areal 21 ribu hektare tersebut berada di bagian selatan kabupaten mulai dari Kecamatan Silaut, Lunang, Tapan dan Linggo Sari Baganti.

Sementara lanjutnya, program peremajaan tanaman kelapa sawit tahun ini telah masuk dalam tahap menyiapkan dokumen berupa kelengkapan dokumen kelompok tani, KTP anggota, sertifikat tanah dan pada 2019 kami berupaya menambah luas areal yang akan diremajakan.

Setelah program peremajaan tanaman kelapa sawit tahun ini berjalan, minimal pada tahap pengelolaan tanah pihaknya akan kembali mengusulkan peremajaan berikutnya.

Terkait hal itu pihaknya berupaya menjemput program yang digadang-gadang akan meningkatkan kesejateraan petani itu ke pemerintah pusat.

Baca juga:
Terus Meningkat, Ombudsman RI Sumbar Terima 390 Laporan Sepanjang 2017