Kembangkan Wawasan dan Pengetahuan Pelaku UMKM, BRI Berikan Pelatihan

Wakil Pemimpin Wilayah BRI Padang dan Kepala Kadin Sumbar bercengkerama bersama para pembicara dan moderator. (Foto: J Sastra)

Padangkita.com – Menambah pengetahuan dan wawasan para penggerak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar seminar dan pelatihan untuk pegiat UMKM di Sumatera Barat, Selasa (14/11/2017).

Wakil Pemimpin Wilayah BRI kanwil Padang Darnawi berharap dengan kegiatan para pelaku UMKM semakin mengenal potensi produk yang mereka hasilkan, para pesaing, dan riset tren pasar.

“Kami berharap dengan mengikuti seminar ini, peserta mendapatkan tambahan wawasan, motivasi bisnis, kerja sama bisnis, mengenal pesaing, dan tren pasar,” katanya kepada wartawan.

Darnawi menyampaikan bahwa hingga akhir Oktober 2017, BRI Kanwil Padang telah menghimpun dana Rp9,4 triliun dan mengelola kredit yang disalurkan dengan outstanding sebesar Rp10,8 triliun. Dana tersebut disalurkan kepada sektor UMKM dengan outstanding sebesar Rp7,3 triliun.

“Penyaluran UMKM terbesar kepada sektor perdagangan dan pertanian dengan outstanding sebesar Rp6,6 triliun,” ujar Darnawi dalam sambutannya.

Selain memberikan kredit kepada UMKM, BRI juga terlibat aktif dalam berbagai kegiatan pengembangan UMKM, salah satunya Seminar UMKM dari Rakyat untuk Rakyat dengan tema “Membentuk UMKM Indonesia yang Kuat guna Memenangkan Persaingan Global” ini.

Ketum Kadin Sumbar Ramal Saleh mengapresiasi BRI dan Bisnis Indonesia yang sudah mengadakan kegiatan ini. Tempat berbagi solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi para pelaku usaha. Menurut dia, sudah bukan masanya kita berbisnis sendiri-sendiri. Pesaing bukan lagi toko sebelah, melainkan pengusaha secara global.

Ramal mengatakan saat ini orang berbisnis di era dunia yang tanpa batas, apalagi dengan adanya bisnis bebas MEA. Hal ini memang menjadi tantangan yang besar, tetapi juga mempunyai peluang yang besar.

“Hanya kita yang bisa memajukan usaha kita sendiri. Pemerintah hanya membuat kebijakan dan memberikan modal. Yang mengembangkan kita sendiri. Tingkatkan kemampuan kita dalam mengembangkan usaha kita masing-masing,” katanya.

Bank Rakyat Indonesia menggelar seminar bagi para pelaku UMKM di Hotel Mercure Padang, Selasa (14/11/2017). Seminar yang diikuti oleh 25 nasabah BRI dan 60 pengusaha dari Kadin Provinsi ini menghadirkan Kadis Koperasi dan UMKM Sumbar Zirma Yusri, Pelaku Usaha Christine Hakim, dan Pemimpin Cabang BRI Batusangkar Hajar Sasongko.

(J. Sastra)

BAGIKAN