Jelang Malam Pergantian Tahun, Arus Menuju Jam Gadang Ditutup

Wajah Jam Gadang saat ini. Kubah Jam Gadang berbentuk atap rumah adat Minangkabau. Kubah ini diubah dari bentuk sebelumnya (model kuil : masa Jepang)

Padangkita.com – Menjelang malam pergantian tahun, arus lalu lintas menuju pusat wisata Jam Gadang di Bukittinggi akan ditutup. Penutupan arus lalu lintas ini akan dilakukan pada Minggu sore (31/12/2017). Penutupan ini seperti tahun-tahun sebelumnya.

Lokasi wisata Jam Gadang diprediksi akan tumpah ruah oleh puluhan ribu pengunjung dari seluruh daerah di Sumatera Barat dan juga provinsi tetangga seperti Riau dan Jambi.

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana mengatakan arus lalu lintas menuju Jam Gadang akan ditutup pada sore. Meski demikian belum bisa dipastikan jam penutupan arus lalu lintas tersebut.

“Untuk penutupan belum bisa dipastikan jamnya. Tergantung situasi lalu lintas besok,” katanya kepada wartawan, Sabtu (30/12/2017).

Sedangkan untuk jalur penutupan arus lalu lintas akan ditetapkan hari ini. Penutupan arus ini ditujukan agar para wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi tidak terjebak kemacetan panjang. Penumpukan kendaraan diprediksi akan terjadi menuju jalan ke Jam Gadang.

Sampai malam pergantian tahun atau sampai pada 31 Desember ini, jumlah wisatawan yang datang ke Sumatera Barat diperkirakan naik sekitar 7 persen atau mencapai lebih dari 7,8 juta orang sepanjang 2017.

“Perkiraannya tahun ini naik 7 persen untuk wisatawan domestik dan 5 persen wisatawan mancanegara,” kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian, Kamis (28/12/2017) tengah pekan ini.

Ia menuturkan tahun lalu jumlah wisatawan domestik yang mendatangi Sumbar mencapai 7,3 juta orang. Asumsinya, dengan hanya naik 7 persen saja, maka total jumlah wisatawan yang datang ke Sumbar melebihi 7,8 juta orang.

Umumnya, wisatawan domestik datang dari Pulau Jawa, Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota besar lainnya, serta dari provinsi tetangga, seperti Riau, Jambi, Kepri, Sumut dan Sumsel.

Baca juga:
Hindari Serangan Virus Malware, Besok Matikan Akses Internet ke Komputer Anda