Gedung Juang 45 Akan Direvitalisasi dan Dijadikan Museum

Gedung Juang 45 (Foto: Humas Pemko Padang)

Padangkita.com – Pemerintah kota Padang berencana merevitalisasi sejumlah bangunan tua di kota Padang, salah satunya adalah Gedung Juang 45 Balai Penerangan Pemuda Indonesai (BPPI) di Pasa Gadang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi mengatakan revitalisasi bangunan bersejarah ini sebagai bukti pemko Padang tidak mudah melupakan sejarah dan aset berharga yang ada di kota ini

“Gedung ini ternyata aset pemko Padang. Dan gedung tua ini peninggalan sejarah tersebut memang terlihat rapuh dimakan usia. Butuh sentuhan agar dapat terus berdiri kokoh,” katanya di Padang, Jumat (16/09/2017).

Menurutnya, Gedung Juang 45 saat ini dalam kondisi yang sangat tidak terawat. Berdebu dan kusam. Sehingga memang memebutuhkan perbaikan.

“Bagaimana pun juga kita harus selamatkan aset ini. Rencananya temat ini akan direvitalisasi agar bisa juga menjadi daya tarik bagi pengunjung (wisatawan) yang berkunjung ke kota Padang,” ungkap Medi.

Menurutnya, untuk merevitalisasi bangunan Gedung Juang tersebut Pemko Padang membutuhkan foto asli bangunan tersebut dulunya. Sebab bangunan itu akan dikembalikan lagi bentuknya seperti semula.

“Jika ada gambar awal akan lebih baik, termasuk denah ruangan,” ulas Medi.

Pemko Padang berencana alan menjadikan gedung tersebut sebagai museum pejuang. Sebab selama ini Padang masih belum
memiliki museum pejuang.

“Kita ingin warga dan wisatawan mengenal sejarah pejuang di Padang,” sebut Medi, seperti dilansir dari humas.

Sekretaris Dewan Harian Cabang Badan Pemberdayaan Kejuangan 45 (DHC 45) Kota Padang Alimin Bustami mengatakan bahwa saat perjuangan kemerdekaan dulu di Gedung Juang inilah bendera Merah Putih pertama kali dikibarkan.

Baca juga:
Ilmu 'Padang' Merayu Pengusaha Arab Berinvestasi di Sumbar