Andri El Faruqi Terpilih Jadi Ketua AJI Padang

Ketua AJI Padang 2014-2017 Yuafriza menyerahkan tongkat estafet ke Ketua AJI Padang terpilih 2018-2021. Andri terpilih bersama Andika Destika Khagen sebagai Sekretaris untuk kepengurusan AJI Padang 2018-2021. Dok. AJI Padang.

Padangkita.com – Kontributor Tempo Andri El Faruqi dan Manajer klikpositif.com Andika Destika Khagen, terpilih menjadi Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang untuk periode 2018-2021.

Pasangan tersebut, terpilih secara aklamasi dalam Konfrensi Kota (Konferta) AJI Padang ke-V yang digelar di Hotel Bunda, Sabtu (20/1/2018). Keduanya menggantikan ketua dan sekretaris AJI Padang sebelumnya, Yuafriza (Mentawaikita.com) dan Yose Hendra (Media Indonesia).

Ketua AJI Padang terpilih Andri El Faruqi mengatakan, jurnalis dan media memiliki tantangan besar, terutama di tahun politik ini, khususnya dalam mematuhi kode etik jurnalistik, sebagai rambu-rambu bagi jurnalis dalam bekerja.

“Kami akan merawat kemerdekaan pers, dan meningkatkan kapasitas jurnalis agar lebih profesional dalam menjalankan tugasnya,” kata Andri El Faruqi saat ditemui disela-sela Konferta AJI ke-V.

Hal yang sama juga diungkapkan Sekretaris AJI Padang terplih, Andika Destika Khagen. Menurutnya, tantangan kepengurusan AJI Padang sekarang ini cukup berat, mengingat periode kepengurusan sekarang ini bertepatan dengan tahun politik.

“Di tahun ini banyak masalah soal etik. Kami sebagai pengurus AJI akan mengawal masalah soal etik yang menyangkut jurnalis, karena AJI sangat potensial untuk menjadi garda terdepan mengawal jurnalis untuk bekerja sesuai dengan etik,” pungkas Andika.

Ketua dan Sekretaris terpilih ini juga berjanji akan terus menjalin komunikasi dengan jurnalis lain, walau bukan anggota AJI Padang. Menurut pasangan terpilih ini, perjuangan AJI untuk kemerdekaan pers dan upah layak jurnalis, butuh dukungan dari seluruh insan pers di Sumbar.

Dalam Konferta dengan pimpinan sidang Heri Faisal (Bisnis Indonesia) ini, juga ditetapkan tiga anggota Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO), yaitu Yuafriza, Yonda Sisco (Covesia.com) dan Donal Chaniago (TV One).

Selain itu juga dipilih enam calon anggota Majelis Etik AJI Padang, yaitu Slamet Rahmadi (aktivis), Hendra Makmur (freelance), Febriyanti (Tempo), Nasrian Bahzein (Padang TV), Rus Akbar (Okezone.com) dan Erinaldi (Liputan 6.com). Nama – nama itu nanti akan dipilih tiga orang oleh ketua dan sekretaris terpilih.

Konferta ditutup dengan peringatan kelahiran AJI Padang ke – 13. AJI Padang dideklarasikan pada 23 Januari 2005.