WikiNusantara Digelar di Padang, Diikuti Lebih 70 Wikimediawan dari Seluruh Indonesia

Padang, Padangkita.com – Konferensi WikiNusantara digelar di Kota Padang, Sabtu-Minggu (4-5/6/2022). Acara diikuti oleh lebih dari 70 wikimediawan dari seluruh Indonesia.

Bertemakan “Membangkitkan Kembali Semangat Kolaborasi Gerakan Terbuka”, kegiatan ini persisnya berlangsung di Pangeran Beach Hotel.

Ketua Umum Wikimedia Indonesia, Rachmat Wahidi mengatakan, WikiNusantara merupakan ajang bagi para sukarelawan proyek Wikimedia untuk berkumpul dan berjejaring.

“Konferensi ini dipersembahkan khusus bagi para sukarelawan Wikimedia di Indonesia. Kami mengajak seluruh sukarelawan untuk membangun semangat kolaborasi dalam membebaskan pengetahuan,” ujarnya, Sabtu (4/6/2022).

Dia menuturkan, WikiNusantara 2022 di Padang merupakan konferensi lanjutan dari WikiNusantara 2019 yang digelar di Yogyakarta. Konferensi kali Ini merupakan WikiNusantara kedua yang pernah digelar di Indonesia.

“Konferensi ini telah dinanti-nantikan oleh komunitas Wikimedia di Indonesia,” terang Rachmat.

Pada perhelatan kali ini, para peserta saling berbagi pengalaman dalam mengerjakan proyek-proyek Wikimedia selama dua tahun terakhir.

Proyek tersebut seperti kegiatan merekam dialek Minangkabau (WikiDialek), perekaman lema bahasa Jawa (WikiSwara), upaya melestarikan naskah lontar berbahasa Bali (WikiLontar), dan perekaman alat musik tradisional Sunda (WikiWaditra), dan sebagainya.

Rachmat berharap, dengan pertemuan nasional ini, Wikimedia Indonesia, sukarelawan, dan kontributor proyek-proyek Wikimedia di Indonesia dapat membangkitkan lagi semangat kerja sama, baik dengan sesamanya maupun antar-komunitas.

Sebagai informasi, Wikimedia merupakan organisasi nirlaba yang menyelenggarakan Wikipedia dan proyek pengetahuan gratis lain. Wikipedia sendiri adalah ensiklopedia online gratis dengan lebih ratusan ribu kontributor sukarelawan dan hadir dalam beragam bahasa di dunia.

Wikimedia Indonesia bertanggung jawab menaungi komunitas-komunitas yang menjadi tempat berkumpulnya kontributor-sukarelawan bagi proyek-proyek Wikimedia.

Baca Juga: Wikipedia Ubah Tampilan Laman Setelah 10 Tahun

Komunitas di Indonesia terbagi dalam komunitas-komunitas yang lebih kecil, seperti Komunitas Bandung, Komunitas Padang, Komunitas Bali, dan sebagainya. [fru]

Terpopuler

Add New Playlist