Wikipedia Ubah Tampilan Laman Setelah 10 Tahun

Penulis: Mentari Tryana

Padangkita.com – Wikipedia sudah menjadi salah satu pilihan utama jutaan pengguna baik dari komputer, tablet, atau ponsel dalam menelusuri jutaan entri ensiklopedia bersumber selama hampir 20 tahun.

Kini, Wikipeda bakal mengubah tampilan keseluruhan laman dekstop untuk pertama kalinya dalam satu dekade. Tujuannya, untuk membuat situs menjadi lebih mudah digunakan oleh pengguna baru.

Baca Juga

Pengguna dapat menelusuri semua fitur baru yang diusulkan dalam posting MediaWiki dan ada beberapa GIF animasi untuk menunjukkan seperti apa tampilannya.

Sidebar yang bisa dilipat akan menjadi perubahan pertama yang diluncurkan. Ini akan memungkinkan pengguna untuk menciutkan menu di sisi kiri setiap halaman dan berfungsi untuk meminimalkan gangguan dan membatasi konten serta link yang tidak relevan di kiri layar.

Dilansir dari The Verge pada Kamis (24/9/2020), situs ini juga akan menambahkan tombol sekali klik yang mudah untuk mengganti bahasa halaman yang dipakai pengguna.

Baca juga: CDC Akui Covid-19 Dapat Menyebar di Udara, Jaga Jarak Setidaknya 1,8 Meter dari Orang Lain

Wikipedia juga akan menambahkan perbaikan pada alat pencarian dalam situs untuk mempermudah menemukan halaman lain, dan akan mengkonfigurasi ulang logo agar lebih kecil di setiap halaman Wikipedia.

Wikipedia Foundation, perusahaan induk situs ini mengumumkan dalam postingan blog resmi bahwa perubahan akan terjadi secara bertahap dalam jangka waktu yang lama. Ini memungkinkan pengguna untuk menguji fitur baru sebelum diluncurkan secara resmi.

Wikipedia berencana untuk mendesain ulang seluruh tampilan versi dekstop pada akhir 2021. Namun tidak disebutkan apakah versi seluler juga akan menerima desain ulang serupa. [*/try]


Berita ini sebelumnya dimuat Suara.com jaringan Padangkita.com dengan judul: Wikipedia Lakukan Desain Ulang Dekstop Pertama dalam 10 Tahun

Terpopuler

Add New Playlist