Warga Pasbar yang Tes ‘Swab’ Diminta Tetap Isolasi Hingga Ada Kepastian Hasil Pemeriksaan Laboratorium

Penulis: Ahmad Romi

Berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru: Gugus Tugas Covid-19 Pasbar masih menunggu hasil pemeriksaan ratusan sampel swab yang telah dikirim ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, Padang

Simpang Empat, Padangkita.com – Gugus Tugas Covid-19 Pasaman Barat (Pasbar) masih menunggu hasil pemeriksaan ratusan sampel swab yang telah dikirim ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, Padang. Hingga Minggu (6/9/2020), dari 1.014 sampel swab telah dikirim, baru 301 yang keluar hasil pemriksaannya.

“Dari total 1.014 sampel yang kita kirim, baru 301 sampel yang kita terima hasilnya, sisanya 713 sampel hingga kini belum keluar hasilnya,” kata Gina Alecia selaku Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pasbar, Minggu (6/9/2020) sore.

Dijelaskan, pengambilan swab yang dilakukan pada 31 Agustus 2020 di RSUD Pasbar, baru sebanyak 256 sampel yang hasilnya diterima hari ini, Minggu (6/9/2020). Sedangkan sisanya 10 sampel lagi masih dalam proses pemeriksaan.

Kemudian, untuk pengambilan swab oleh Dinas Kesehatan yang dilakukan di Puskesmas Suka Menanti sebanyak 164 orang, baru keluar sebanyak 4 orang sementara sisanya sebanyak 160 sampel masih diperiksa.

“Selanjutnya tes swab di Dinas Lingkungan Hidup dan Puskesmas Ujung Gading sebanyak 252 sampel yang sudah dikirim, sampai sekarang masih belum keluar hasilnya,” ujar Gina.

Baca Juga: Warga Pasbar yang Terinfeksi Covid-19 Bertambah Lagi 1 Orang

Pada tanggal 3 September 2020, kata Gina juga dilakukan tes swab di Puskesmas Simpang Empat dan Puskesmas Lembah Binuang sebanyak 209 sampel yang sudah dikirim, baru kelur hasilnya sebanyak 40 sampel, sisanya yang 169 lagi masih belum keluar.

“Terakhir, pengambilan tes swab di RSUD Pasaman Barat sebanyak 123 sampel, sampai saat ini masih belum didapatkan hasilnya,” ucapnya.

Ditegaskannya, dari hasil yang sudah keluar, seluruh hasilnya dinyatakan negatif dan hanya 1 orang yang terkonfirmasi positif.

“Kita tunggu dulu keluar hasil keseluruhan nantinya dan untuk saat ini kami sarankan untuk tetap isolasi mandiri di rumah sampai hasilnya nanti keluar,” imbuhnya. [rom/pkt]


Baca berita Pasaman Barat terbaru dan berita Sumbar terbaru hanya di Padangkita.com.