Warga Minta Trase Tol di Limapuluh Kota Dialihkan, Wagub Sumbar Bilang Begini

Berita Padang hari ini dan berita Sumbar hari ini: Nasrul Abit meminta masyarakat untuk mendukung pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru di Kabupaten Limapuluh Kota

Padang, Padangkita.com – Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit meminta masyarakat untuk mendukung pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru di Kabupaten Limapuluh Kota.

“Saya minta masyarakat kita janganlah apriori dengan hal yang seperti ini,” ujarnya saat ditemui wartawan di Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (29/1/2021) sore.

Nasrul menanggapi perwakilan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota yang mengadu ke Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) Provinsi Sumbar dan Ombudsman RI Perwakilan Sumbar.

Masyarakat melaporkan dugaan pelanggaran HAM dan potensi maladministrasi karena pemancangan untuk trase jalan tol dilakukan tanpa sosialisasi terlebih dahulu.

Menurut Nasrul, pembangunan jalan tol di Kabupaten Limapuluh Kota belum dimulai. Toh, penetapan lokasi juga belum dilakukan.

“Apanya yang terdampak. Mulai saja belum kok. Itu kan sudah ada trase yang ditetapkan. Trase ini perlu dimusyawarahkan,” jelasnya.

Oleh karena itu, Nasrul pun meminta dukungan dari masyarakat. Kata dia, kehadiran jalan tol di Sumbar membawa dampak positif bagi Sumbar.

“Kalau tol di Sumbar ini tidak jadi, tidak ada lagi tol di Sumbar. Kita sudah dapat ancaman,” ungkap Nasrul.

Dia pun mengajak masyarakat untuk berpikir positif dalam pembangunan jalan tol.

Terkait permintaan masyarakat untuk mengalihkan trase jalan tol di Kabupaten Limapuluh Kota dari kawasan padat penduduk dan lahan produktif, hal tersebut masih bisa dimusyawarahkan.

“Belum ada penetapan lokasi. Kan masih bisa dimusyawarahkan. Pasti ada lahan produktif juga, tapi kan ganti rugi kan sesuai dengan kondisi yang ada,” terangnya.

Menurutnya pula, Sumbar ketertinggalan dibandingkan provinsi lainnya dalam pembangunan jalan tol. Soalnya, di provinsi lainnya di Sumatra, Presiden Jokowi telah meresmikan ruas jalan tol.

Baca Juga: Ombudsman Nilai Ada Potensi Maladministrasi dalam Pemancangan Pembangunan Jalan Tol di Limapuluh Kota

“Kita sudah ketinggalan. Kita harus mengejar ketinggalan itu. Tiap sebentar Pak Presiden meresmikan tol di Sumatra ini. Tiga hari lalu, Dumai-Pekanbaru diresmikan,” sebutnya. [pkt]


Baca berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler

Add New Playlist