Warga Lubuk Jantan Dilaporkan Hilang di Batang Sinamar, Pencarian Terhambat Hujan Lebat

Penulis: Redaksi

Batusangkar, Padangkita.com – Seorang warga Jorong Kamboja, Nagari Lubuk Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara dilaporkan hilang di Batang Sinamar, sejak Selasa (1/3/2022). Hingga Selasa (1/3/2022) malam masih belum ditemukan karena pencarian terpaksa dihentikan akibat cuaca hujan lebat.

Informasi yang dihimpun Padangkita.com menyebutkan, korban diketahui bernama Aspulmen, 50 tahun. Kediamannya tidak jauh dari lokasi kejadian atau Batang Sinamar. Diketahui, selepas berjualan, ia menjala ikan setiap pagi dan petang sekitar dua hingga tiga jam setiap harinya.

Saat kejadian Selasa pagi, korban diketahui pergi dari rumah menuju Batang Sinamar tepatnya di Lubuk Rona, Jorong Kamboja, Nagari Lubuk Jantan, Kecamatan Lintau Buo Utara.

Wali Nagari Lubuk Jantan Mukhlis, Rabu (2/3/2022) pagi mengatakan, kejadian baru diketahui pada Selasa siang, setelah sang istri yang berprofesi sebagai guru tidak menjumpai korban setelah pulang mengajar.

“Karena tidak menemukan suaminya, sang istri mencoba melihat ke lokasi. Di situ, sang istri menemukan sepeda motor korban, namun tidak menjumpai suaminya,” ujar Mukhlis.

Sang istri bernama Dewi, sebut Mukhlis, kemudian melaporkan hal itu kepada warga setempat. Kemudian warga langsung melakukan pencarian dengan menyelami Batang Sinamar tepatnya di lokasi yang diduga korban hanyut atau tenggelam.

Namun, pada Selasa sore karena hujan lebat pencarian dihentikan sementara karena ditakutkan air batang Sinamar meluap.

“Kita juga sudah melaporkan kepada BPBD, dan tim SAR dari Payakumbuh, untuk sementara petugas standby di lokasi, ditakutkan air meluap, maka pencarian dihentikan sementara,” terangnya.

Mukhlis menjelaskan, korban setiap hari memang sudah terbiasa menjala ikan di Batang Sinamar.

“Kadang pagi sekira dua jam, dan sore dua jam, namun kali ini dia belum pulang, dan kita takutkan korban hanyut atau tenggelam, ” ujarnya.

Pencarian kembali dilanjutkan Rabu ini, namun tetap melihat situasi air Batang Sinamar.

Baca juga: Bupati Tanah Datar Eka Putra Lantik 7 Pejabat Eselon II, Ini Daftarnya

“Karena cuaca masih hujan saat ini kita takutkan air meluap, kita lihat dahulu situasi hingga keadaan memungkinkan,” tukasnya. [djp/pkt]

Terpopuler

Add New Playlist