Usai Keluarkan Mosi Tak Percaya, Besok Musorkablub KONI Pasaman Barat Dilaksanakan

Penulis: Ahmad Romi
|
Editor: Rina Akmal

Berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini: Besok Pengurus Cabang Olahraga Pasbar akan laksanakan Musorkablub

Simpang Empat, Padangkita.com– Pengurus Cabang Olahraga yang mengusulkan untuk dilakukannya Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pasaman Barat melaksanakan gladi bersih, Selasa (4/5/2021).

Direncanakan, Musorkablub KONI Pasbar dilaksanakan pada Rabu (5/5/2021) besok di Balairung Tuah Basamo Rumah Dinas Bupati Pasbar.

Pantauan Padangkita.com di lokasi, terlihat panitia telah memasang spanduk dan baliho bertuliskan informasi pelaksanaan Musorkablub KONI Pasbar.

Ketua Panitia Musorkablub KONI Pasbar, Decky H Saputra mengatakan pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya untuk pelaksanaan Musorkablub KONI Pasbar besok.

“Insyaallah segala sesuatunya telah siap, mulai dari undangan kepada seluruh Pengcab hingga kepada KONI Provinsi Sumbar,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Musorkablub ini berawal dari Mosi Tidak Percaya sebanyak 24 Pengcab kepada pengurus KONI saat ini.

Alasan mosi tidak percaya tersebut dimulai dari pengelolaan keuangan yang dianggap tidak transparan, tidak proporsionalnya anggaran yang dibuat pengurus, tebang pilih dalam pembinaan.

“Diduga memanfaatkan institusi KONI dalam kegiatan politik serta penolakan laporan pertanggung jawaban KONI tahun 2020 dari pengcab yang hingga saat ini tidak bisa dijelaskan oleh pengurus,” paparnya.

Atas dasar itulah menurut Decky para anggota mempertanyakan dan menolak laporan pertanggung jawaban dari pengurus yang diduga tidak sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART).

“Jumlah pengurus dan staf KONI itu hanya 31 orang, namun nominal anggaran yang dihabiskan sangat fantastis yakni mencapai Rp553.585.000 dan hal itu ditetapkan tidak melalui persetujuan atau mekanisme rapat anggota,” lanjutnya.

Menurutnya, jumlah itu jauh lebih besar dan tidak seimbang dengan anggaran pembinaan untuk seluruh cabang olahraga yang berjumlah 35 cabang dan hanya menyerap anggaran sebesar Rp304.855.000.

“Setelah kami cermati, anggaran uang kehormatan dan operasional KONI yang anggarannya jauh melebihi anggaran untuk pembinaan olahraga itu kami pastikan akan berimbas terhadap perkembangan olahraga prestasi di Pasbar,” tegasnya.

Terpisah, Sekretaris KONI Pasbar Dedy Irham kepada Padangkita.com mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah menerima surat dari KONI Provinsi mengenai pelaksanaan Musorkablub KONI Pasbar. “Dan sampai saat ini surat tidak pernah sampai kekantor KONI,” ujarnya.

Seharusnya menurut Dedy, KONI Provinsi jugalah yang mengeluarkan atau menunjuk panitia melalui surat keputusannnya.

Baca juga: Soal Mosi Tidak Percaya dan Tuntutan Musorkablub, Ini Tanggapan Ketua KONI Pasbar

“Ini tidak jelas dan tidak tahu kita siapa pelaksana dan penanggungjawab nya. Setahu saya seperti itu, SK panitia itu dari Provinsi, barulah kita disini melaksanakan sesuai SK itu sendiri,” tandasnya. [rna]

Baca berita Pasaman Barat hari ini dan berita Sumbar hari ini hanya di Padangkita.com.

Terpopuler